Pertimbangkan Hal ini Jika Ingin Investasi Emas

Pertimbangkan Hal ini Jika Ingin Investasi Emas

Harga emas antam hari ini terpantau turun. Waktunya investasi-Internet-

HARIAN DISWAY - Harga emas Antam bersertifikat di Logam Mulia naik Rp 2 ribu per gram dari nilai sebelumnya yang berada di angka Rp 1.345.000 per gram. Harga emas buyback juga naik di angka yang sama. Sebelumnya emas buyback berada di angka Rp 1.240.000 per gram.

Dengan demikian, selisih antara harga emas dan harga buyback hari ini adalah Rp 105.000 per gram. Selama ini Antam menetapkan dua macam harga emas batangan produksinya: harga emas dan harga beli kembali (buyback).

Harga emas itu adalah harga yang berlaku ketika kita membeli emas Antam dari gerai Logam Mulia. Adapun harga emas buyback adalah harga yang berlaku ketika kita menjual emas kepada gerai Logam Mulia.

BACA JUGA: Krisis Timur Tengah, Harga BBM dan Gas Ditahan Sampai Juni, Setelah Itu...

BACA JUGA: Imbas Israel Serang Iran: Rupiah Makin Anjlok, Ongkos Impor Ugal-ugalan, Waktunya Investasi Emas

Jadi, jika pagi tadi Anda membeli emas dari Antam, maka Anda harus membayar Rp 1.347.000 per gram. Karena suatu sebab tiba-tiba Anda butuh uang sangat mendesak sehingga terpaksa menjual kembali emas tersebut pada sore atau malam hari, jangan kaget jika emas Anda cuma dihargai Rp 1.242.000 per gram oleh Logam Mulia.

Siapa saja perlu mencermati dua macam harga emas tersebut kalau benar-benar serius hendak menjadi investor emas batangan. Tanpa memperhitungkan perbedaan dua harga tersebut, bisa-bisa seorang investor emas salah menghitung potensi untung dan rugi.

Dengan selisih harga jual dan harga beli (spread) setebal itu, emas hanya bisa untuk investasi dalam jangka panjang. Di waktu yang panjang ini, diharapkan harga emas jauh lebih tinggi. Sehingga mampu menutup selisih harga jual dan beli kembali. Tentu mendpatkan keuntungan dari itu.

Sebagai gambaran, pembeli emas Antam 1,5 tahun lalu (20 Oktober 2022) jika menjual emasnya dengan harga buyback hari ini untung 33,12 persen. Sebab, waktu itu investor emas membeli dengan harga saat itu juga yakni Rp 933.000 per gram. Tapi dia bisa menjual dengan harga buyback hari ini Rp 1.242.000 per gram. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: