Bioskop Kampus 2024: Kupas Film Kartini Lewat Lensa Sinematografi

Bioskop Kampus 2024: Kupas Film Kartini Lewat Lensa Sinematografi

Faozan Rizal saat memberikan materi sinematografi film Kartini di acara Bioskop Kampus 2024 -LPM FIKOM UKWMS-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Menjelang Hari Kartini 2024, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya (UKWMS) mengadakan Bioskop Kampus yang mengangkat film Kartini

Bioskop Kampus 2024 mengundang Faozan Rizal, sebagai sinematografer Kartini. Pria berusia 51 tahun itu rela datang dari Berlin untuk mengikuti acara yang diadakan LPM Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) UKWS. 

Bioskop Kampus adalah event tahunan LPM FIKOM UKWMS. Meski sudah dijalankan turun temurun, tapi LPM FIKOM UKWMS bisa memgemas Bioskop Kampus 2024 menjadi luar biasa.

Mereka tak memedulikan kesengsaraan selama proses persiapan acara. Mereka langsung menunjukkan bukti nyata. Bioskop Kampus 2024 berjalan sukses. 

BACA JUGA:Beban Mental Mahasiswa UKWMS saat Perankan Yesus di Jalan Salib Gereja Katedral Surabaya


Faozan Rizal sinematografer film Kartini menjadi narasumber Bioskop Kampus 2024-LPM FIKOM UKWMS-

"Awalnya cuma di internal anak FIKOM. Tapi, diperluas ke tingkat nasional. Jadi enggak cuma anak WM (Widya Mandala) aja. Anak UNESA, UNAIR, UINSA, dan UPN bisa datang," ujar Maria Jeanice Clarista Padjo selaku Ketua Pelaksana Bioskop Kampus 2024. 

Bioskop Kampus 2024 ingin menunjukkan setiap individu tidak memandang gender, status sosial, atau usia. Semuanya memiliki hak yang sama. Kartini, dengan keberaniannya, menyuarakan hal itu dengan lantang.

Meskipun kini beliau telah tiada, semangat Kartini untuk kebebasan dan kesetaraan tetap membekas hingga saat ini. Spirit perjuangannya masih tercermin dalam hati setiap perempuan Indonesia.

Menjelang peringatan Hari Kartini, Bioskop Kampus 2024 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya memutarkan film tersebut pada Jumat, 19 April 2024. Sebanyak 130 mahasiswa dari berbagai universitas di Surabaya berkumpul di Auditorium 301 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya untuk menonton bersama.

BACA JUGA:UKWMS Tuan Rumah Pertemuan APTIK: Bahas Isu Pendidikan, Hingga Generasi Muda


Peserta acara Bioskop Kampus 2024 merasa puas dengan konsep acara yang mengusung tema nasionalisme-LPM FIKOM UKWMS-

Setelah nobar film Kartini, ada sesi sharing materi sinematografi bersama Faozan Rizal, sang sinematografer Kartini. Sesi itu dipandu oleh moderator internal Yoseph Maygel, selaku mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) UKWMS 2021. Bahkan, Bioskop Kampus 2024 juga dihadiri dari Mbok Tun, seorang aktris di film Abracadabra.

Selama sesi sharing Faozan Rizal juga menceritakan nasionalisme Kartini yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Dian Sastrowardoyo bisa berperan layaknya Kartini di masa itu. Kartini yang bisa memperjuangkan kesetaraan hak kaum perempuan, terlepas dari status sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: