5 Sikap RA Kartini yang Bisa Diteladani dan Diterapkan dalam Keseharian

5 Sikap RA Kartini yang Bisa Diteladani dan Diterapkan dalam Keseharian

Inilah 5 keteladanan R.A Kartini yang bisa diterapkan dalam hidup. --ilustrasi

BACA JUGA:25 Quotes dari RA Kartini untuk Menginspirasi Generasi Muda

4. Menghormati Orang Tua


5 SIKAP RA Kartini yang bisa diteladani dan diterapkan dalam keseharian. Foto: Kartini kecil bersama orang tuanya, RA Sosroningrat dan Ngasirah.-Arsip Nasional-

Pandangan Kartini sangat berbeda dengan orang tuanya, terutama saat dia diharuskan berhenti sekolah dan dipingit di rumah. Hanya untuk menunggu lelaki datang menikahinya. Dia dilarang pergi ke Belanda atau Batavia untuk mengenyam pendidikan. Pertengaran terakhir dengan ayah ibunya terjadi saat dia dijodohkan.

Walaupun begitu, Kartini tetap menghormati sikap dan menerima keputusan orang tuanya. Kartini tidak membangkang. Dia rela berkorban dan meredam ego untuk tetap patuh terhadap Raden Adipati Sosroningrat.

Di sisi lain, dia tetap berusaha untuk menggapai cita-citanya. Menghormati orang lain berarti kita bisa menghargai mereka. Rela berkorban juga berarti kita lebih mementingkan kepentingan bersama dibandingkan pribadi.

Sisi positif yang bisa diambil dalam keteladanan ini adalah terkait dengan kepatuhan dan rasa hormat kepada orang tua. Anda bisa menerapkannya dengan menghormati keputusan orang tua. Tidak selalu menyangkal dan berusaha untuk memilah dan mengambil hal baik dari mereka.

BACA JUGA:Refleksi Hari Kartini: Perempuan dan Pemanfaatan Teknologi

5. Berjiwa Sosial Tinggi

Kartini sangat peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Beliau mengajar anak-anak kecil yang tak seberuntung dirinya, untuk tetap mendapatkan pendidikan. Beliau pun selalu memandang bahwa manusia diciptakan untuk saling menyayangi dan mengasihi.

Sifat perhatian ini bisa Anda terapkan dengan memperhatikan hal-hal kecil di sekitar kita, dan meningkatkan rasa empati dengan sesama. Semangat dan dedikasi Kartini begitu besar di bidang pendidikan untuk kaum perempuan. Ikuti semangat Kartini dalam menggapai mimpi dan memperluas wawasan, salah satunya dengan membaca buku yang merupakan gudang ilmu.

Oleh karena itu, Anda bisa meningkatkan jiwa sosial dan kepedulian terhadap sesama dan sekitar untuk terus membantu banyak orang dan mengembangkan banyak hal dalam lingkup sosial tersebut.

Itulah beberapa keteladanan Kartini yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak hal baik yang bisa menjadi contoh untuk menjalani kehidupan agar terus memberikan hal baik dalam hidup baik untuk diri sendiri maupun orang lain. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber