5 Sikap RA Kartini yang Bisa Diteladani dan Diterapkan dalam Keseharian

5 Sikap RA Kartini yang Bisa Diteladani dan Diterapkan dalam Keseharian

Inilah 5 keteladanan R.A Kartini yang bisa diterapkan dalam hidup. --ilustrasi

HARIAN DISWAY - Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini di Indonesia. Kartini merupakan pahlawan nasional yang memperjuangkan emansipasi wanita pada masanya.

Kini, Hari Kartini tidak melulu dirayakan dengan memakai kebaya atau baju daerah lain. Peringatan itu dimanfaatkan generasi muda dengan memaknai perjuangan Kartini. Sebab, banyak sekali hal yang bisa diteladani dari Kartini, dan bisa diterapkan dalam keseharian.

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat adalah pahlawan nasional yang memiliki tekad kuat dalam memperjuangkan kesetaraan perempuan terutama di mata pendidikan. Dia mewariskan kalimat yang penuh makna, dan selalu menjadi kutipan yang menyertai gambar dirinya. Yakni "Habis Gelap Terbitlah Terang."

BACA JUGA:Sejarah dan Makna Peringatan Hari Kartini 21 April, Bukan Semata Pakai Kebaya

Dia sangat gigih memperjuangkan hak-hak pendidikan kaumnya. Jasa dia mewujudkan kesetaraan gender terasa sampai sekarang. Hal ini menjadi salah satu keteladanan Kartini yang bisa diterapkan dalam hidup. Selain kegigihannya, berikut sikap dan sifat Kartini yang bisa kita teladani dan kita terapkan sehari-hari.

1. Tidak Takut Bermimpi


5 SIKAP RA Kartini yang bisa diteladani dan diterapkan dalam keseharian. Foto: sekolah perempuan yang berdiri di Batavia pada 1907 setelah Kartini wafat.-Historia-

Kartini mengajarkan kita semua untuk berani membangun mimpi besar. Dia menyampaikan hal tersebut melalui kutipan yang cukup populer, "Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam."

Mimpi adalah cikal bakal untuk mengembangkan cita-cita. Karena itu, jangan takut untuk bermimpi. Karena dengan mimpi, Anda akan berusaha untuk mencapainya. Dalam keteladanan ini, Anda bisa memulainya dengan membangun mimpi dan menentukan arah tujuan hidup. Dengan begitu, Anda bisa terus berusaha untuk mengejar mimpi tersebut.

BACA JUGA:Bioskop Kampus 2024: Kupas Film Kartini Lewat Lensa Sinematografi

BACA JUGA:Lirik dan Makna Lagu Ibu Kita Kartini Ciptaan W.R Supratman

2. Cerdas dan Berwawasan Luas


25 Quotes dari RA Kartini untuk menginspirasi generasi muda. Foto: Buku Habis Gelap Terbitlah Terang yang berisi surat Kartini.-Historia-

Meskipun Kartini sempat berhenti sekolah dan dipingit, semangat dia dalam mempelajari hal-hal baru tidak padam. Melalui kotak bacaan langganan ayahnya (leestrommel), Kartini memperkaya wawasan melalui buku, koran, dan majalah dari dalam maupun luar negeri. Temanya pun beragam. Mulai dari sosial, politik, hingga sastra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber