Di Balik Jual Beli Serangan Israel-Iran

Di Balik Jual Beli Serangan Israel-Iran

ILUSTRASI perang Israel-Iran.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Kendati demikian, keuntungan strategis justru dipegang Iran. Sebab, pertama, tekanan dari Presiden AS Joe Biden kepada PM Netanyahu agar tidak memberikan balasan langsung karena alutsista –mulai Iron Beam, Iron Dome, Patriot, hingga Arrow– dianggap cukup mumpuni untuk menghancurkan sebagian besar pesawat nirawak dan rudal Iran. 

Kedua, terdapat narasi yang berkembang di mata dunia internasional bahwa Iran adalah garda pelindung Palestina dan sebaliknya, AS beserta Yordania merupakan pihak pelindung aksi genosida Israel di Gaza, Palestina. Sebab, mereka membantu Israel untuk menangkis serangan rudal Iran. 

Ketiga, Iran mendapatkan data yang signifikan dari operasi serangan rudal untuk makin meningkatkan pengembangan teknologi rudal dan operasi lintas batas negara ke depan.

Israel dan Iran sama-sama mengeklaim dirinya adalah pemenang pada peristiwa tersebut. Tel Aviv merasa sistem payung pertahanan udara berhasil menghalau sebagian besar serangan rudal Iran sehingga masyarakat Israel memberikan persepsi positif pada industri pertahanannya sendiri. 

Dengan peristiwa itu, terdapat stigma dan kebanggaan bahwa produk-produk hasil riset dan pengembangan industri pertahanan Israel makin terbukti kualitasnya di medan perang. 

Begitu pula dari sisi Iran. Sebagai negara yang terkena sanksi internasional sekaligus pandangan sebelah mata dari kekuatan besar, Iran terbukti mencapai keberhasilan dalam melancarkan operasi militer lintas batas dengan menggunakan gabungan dari pesawat nirawak serta rudal jelajah dan balistik. 

Simpati masyarakat internasional terhadap perilaku Teheran juga menunjukkan bahwa teknologi rudal Iran mampu bersaing di Asia secara luas. (*)

 


Akhmad Hani Nadif, direktur eksekutif Center for National Defense and Security Studies--


Probo Darono Yakti, dosen Hubungan Internasional FISIP Unair 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: