Putuskan Tren Gonta Ganti Pelatih, STY Menjadi Pelatih Timnas Paling Awet Selama Satu Dekade Terakhir

Putuskan Tren Gonta Ganti Pelatih, STY Menjadi Pelatih Timnas Paling Awet Selama Satu Dekade Terakhir

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.--X @txtdrimedia

HARIAN DISWAY - Tim Nasional Indonesia U-23 telah membuat sejarah dengan berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024.

Keberhasilan ini dipandang sebagai hasil dari peran krusial pelatih mereka, Shin Tae-yong.

Rafael Struick menjadi bintang dengan mencetak dua gol untuk Garuda Muda pada menit ke-15 dan 45+3 dalam laga kontra Timnas Koreal Selatan pada Kamis malam, 25 April 2024.

Sementara itu, dua gol Korea Selatan disumbang gol bunuh diri Komang Teguh pada menit ke-45, dan sepakan Jeong Sang-bin ke gawang Garuda muda pada menit ke-84.

Hasil imbang bertahan sampai peluit panjang, namun Indonesia dinyatakan lolos ke semifinal setelah memenangkan adu penalti.

Prestasi ini tidak hanya membuat sejarah baru dalam kompetisi dua tahunan tersebut, tetapi juga membawa Timnas Indonesia U-23 mendekati kualifikasi untuk Olimpiade Paris 2024.

Netizen memberikan pujian kepada Shin Tae-yong, atau yang biasa dipanggil STY, atas kontribusinya.

Bahkan, lelucon tentang kemungkinan STY menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) mulai bermunculan di media sosial, mengingat bahwa biasanya atlet yang meraih prestasi tinggi akan dihargai dengan status tersebut.

BACA JUGA:Hajar Juara Bertahan Arab Saudi 2-0, Uzbekistan U-23 Jumpa Indonesia di Semifinal

BACA JUGA:Sssttt! Ini Percakapan Erick Thohir yang Bakar Semangat Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia AFC

STY telah menjadi pelatih Timnas Indonesia sejak akhir 2019, dan secara historis, ia adalah salah satu pelatih yang bertahan cukup lama dibandingkan dengan pelatih lainnya.

Dalam kurun waktu 2014 hingga saat ini, telah terjadi sekitar enam pergantian pelatih Timnas, bahkan ada yang hanya bertahan beberapa bulan saja.

Shin Tae-yong telah mematahkan kutukan pergantian pelatih dengan memimpin Timnas Indonesia selama empat tahun, menjadi pelatih terlama dalam sejarah Timnas.

PSSI baru saja memperpanjang kontraknya pada Kamis, 25 April 2024, untuk tiga tahun ke depan atau hingga 2027.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: