Cheng Yu Pilihan Direktur Politeknik Universitas Surabaya Agung Sri Wardhani: Qian Xu Jin Shen

Cheng Yu Pilihan Direktur Politeknik Universitas Surabaya Agung Sri Wardhani: Qian Xu Jin Shen

Cheng yu pilihan Direktur Politeknik Universitas Surabaya Agung Sri Wardhani: qian xu jin shen. --HARIAN DISWAY

HARIAN DISWAY - ADA satu filosofi Jawa yang dijadikan pedoman hidup oleh Agung Sri Wardhani. Bunyinya, ambeg utomo, andhap asor. Memang pendek saja kalimatnya, tapi dalam sekali maknanya.

"Maksud dari ajaran itu adalah kita harus terus berusaha, bahkan harus bisa, menjadi yang utama, menjadi yang terdepan. Namun, jika sudah menjadi yang utama, sudah menjadi yang terdepan, kita harus tetap rendah hati, tidak sombong, dan selalu mau membantu orang lain," terang direktur Politeknik Universitas Surabaya (Ubaya) tersebut. 

Sejak masih kanak-kanak, kita sudah diajari untuk meneladani padi: yang makin berisi makin merunduk. Tidak meniru token listrik: yang makin mendekati habis makin berisik.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan di National Hospital Surabaya Dr dr Farida Anggraini Soetedjo SpP: Ren Zhi Suo Zhu Zhe, Xin Ye 

Tak heran bila Su Shi 苏轼 (1037–1101), sastrawan besar dinasti Song, menulis begini dalam salah satu suratnya: "大勇若怯,大智如愚,至贵无轩冕而荣" (dà yǒng ruò qiè, dà zhì rú yú, zhì guì wú xuān miǎn ér róng).

Yang terjemahan bebasnya kira-kira: orang yang benar-benar pemberani akan tampak seperti penakut, orang yang benar-benar pintar akan tampak seperti orang bodoh, orang yang benar-benar terhormat tidak akan bermewah-mewah untuk menunjukkan kewibawaannya.

Dalam artian, mereka akan senantiasa "谦虚谨慎" (merendah dan berhati-hati). Sebab, ada pitutur luhur yang mengatakan, "自矜其智非智也,谦让之智斯为大智;自矜其勇非勇也,谦让之勇斯为大勇" (zì jīn qí zhì fēi zhì yě, qiān ràng zhī zhì sī wéi dà zhì; zì jīn qí yǒng fēi yǒng yě, qiān ràng zhī yǒng sī wéi dà yǒng).

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Rektor Universitas Patria Artha Makassar Bastian Lubis: Ku Jin Gan Lai

Artinya: yang berlagak pintar bukanlah orang pintar, orang yang pintar ialah orang yang merendah dan mengalah kepada orang lain; yang berlagak berani bukanlah pemberani, pemberani ialah orang yang merendah dan mengalah kepada orang lain. 

Masalahnya, di zaman yang agaknya panggung untuk pamer semakin mudah dan murah, mencari orang yang mau "韬光养晦 tāo guāng yǎng huì" (menyembunyikan kekuatan dan tidak menonjolkan diri) sepertinya semakin susah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: