Cheng Yu Pilihan Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan di National Hospital Surabaya Dr dr Farida Anggraini Soetedjo SpP: Ren Zhi Suo Zhu Zhe, Xin Ye

Cheng Yu Pilihan Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan di National Hospital Surabaya Dr dr Farida Anggraini Soetedjo SpP: Ren Zhi Suo Zhu Zhe, Xin Ye

Cheng yu pilihan dokter spesialis paru dan pernapasan di National Hospital Surabaya Dr dr Farida Anggraini Soetedjo SpP: ren zhi suo zhu zhe, xin ye. --HARIAN DISWAY

HARIAN DISWAY - Farida Anggraini Soetedjo yang dokter spesialis paru dan pernapasan di National Hospital, Surabaya, menjadikan kejujuran sebagai pegangan hidupnyi.

Memang, kata Lu Xun (1881–1936), sastrawan besar Tiongkok abad ke-20, "Kejujuran adalah fondasi kita sebagai manusia" (诚信为人之本/chéng xìn wéi rén zhī běn). 

Anda sudah tahu, hanya dengan berlaku jujurlah, kita baru akan bisa dipercaya oleh masyarakat. Sebaliknya, pitutur luhur Tiongkok mengingatkan.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Guru Bahasa Mandarin asal Tiongkok Peng Shengguang: Yan Er Dao Ling

Yakni: "Kalau tidak bisa dipercaya, maka tidak akan bisa diterima di masyarakat; kalau tidak jujur, maka tidak akan bisa bermasyarakat dengan tanpa hambatan" (不信不立, 不诚不行 /bú xìn bú lì, bù chéng bù xíng). 

Barangkali inilah mengapa Zhongyong (中庸), kitab yang diyakini dikompilasi oleh Zisi, satu-satunya cucu Konfusius, menyebut, "Kejujuran merupakan awal dari segala sesuatu. Tanpa kejujuran, tak akan ada segalanya" (chéng zhě, wù zhī zhōng shǐ, bù chéng wú wù). 

Karena itu, tak heran bila Liji (礼记), kitab klasik yang berisi gambaran mengenai kondisi sosial, pemerintahan, dan seremonial keagamaan Tiongkok kuno menyebut cheng yu yang luar biasa.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Nutritional Therapist David Gunawan: Huang Tian Bu Fu You Xin Ren

Bunyinya: "Perhiasan emas, giok, atau logam mulia lainnya tidaklah betul-betul berharga, yang benar-benar berharga ialah kesetiaan dan kejujuran" (不宝金玉, 而忠信以为宝 /bù bǎo jīn yù, ér zhōng xìn yǐ wéi bǎo).

Intinya, kitab I Ching menegaskan, "人之所助者, 信也" (rén zhī suǒ zhù zhě, xìn yě): yang paling berguna bagi manusia yaitu kejujurannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: