Cheng Yu Pilihan Guru Bahasa Mandarin asal Tiongkok Peng Shengguang: Yan Er Dao Ling

Cheng Yu Pilihan Guru Bahasa Mandarin asal Tiongkok Peng Shengguang: Yan Er Dao Ling

Cheng yu pilihan guru bahasa Mandarin asal Tiongkok Peng Shengguang: Yan Er Dao Ling. --HARIAN DISWAY

ORANG  lain mungkin bisa dibohongi. Tapi mana mungkin bisa membohongi diri sendiri? Yang namanya kebohongan tetaplah kebohongan, sekalipun disembunyikan sedalam apa pun.

Yang namanya kebenaran tetap kebenaran. Sekalipun ditutupi serapat apa pun. Baik kebenaran maupun kebohongan yang ditabiri, pada akhirnya akan diketahui. Waktu yang akan menentukannya. Cepat atau lambat.

Itulah hikmah yang barangkali bisa kita petik dari pepatah Tiongkok atau cheng yu yang jadi favorit Peng Shengguang 彭胜广, guru bahasa Mandarin asal Tiongkok: 掩耳盗铃 (yǎn ěr dào líng). Yang terjemahan harfiahnya: menutup telinga untuk mencuri lonceng.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Nutritional Therapist David Gunawan: Huang Tian Bu Fu You Xin Ren

Alkisah, pada zaman dahulu kala, ada orang yang gemar sekali mencuri. Ia tak mau bekerja untuk memenuhi kebutuhannya. Alasannya karena tidak punya keahlian. 

Syahdan, suatu hari ia mendapati ada lonceng besar di taman rumah seseorang. Celingak-celinguk ia perhatikan sekitar. Ingin ia mencurinya sebab lonceng tersebut berlapis emas. 

Namun, loncengnya terlalu besar dan berat untuk ia gotong sendirian. Ia mulai memikirkan cara. Pulanglah ia mengambil kapak: hendak ia cacah loncengnya dan kepingan-kepingannya akan ia bawa dengan karung.

BACA JUGA:Cheng Yu Politikus PKS Sulawesi Selatan: Ismail Bachtiar: Zhi Yu Zhi Shan

Namun, ketika dikapak, suara lonceng menggelegar. Ia takut kedengaran orang. Untuk menyiasatinya, ia tutup kupingnya, pura-pura tidak mendengar bunyi kapakan. Dalam pikirannya, "Aku tidak mendengar, berarti orang lain juga tidak akan mendengar."

Dan duar! Dibekuklah ia oleh orang-orang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: