Lepas Penat Setelah UTS, PCU Gelar Workshop Menghias Korean Bento Cake

Lepas Penat Setelah UTS, PCU Gelar Workshop Menghias Korean Bento Cake

Anita Septiana Candra (tengah) memberikan arahan kepada para peserta dalam menghias kue dalam acara Cake Deco Workshop di Selasar Gedung Q Lantai 3, Universitas Kristen Petra Surabaya. -M. Azizi Yofiansyah-HARIAN DISWAY

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Seratus lebih mahasiswa Petra Christian University (PCU) antusias menghias cake Korea. Bersama Niel's Cake, menghias Korean bento cake ternyata tak susah lho.

Di wadah berukuran besar, terdapat kotak-kotak styrofoam yang dilengkapi pernak-pernik. Garpu kayu, sprinkle warna-warni, serta dua buah butter cream berwarna ungu pastel dan pink pastel.

Setiap styrofoam dibagikan pada para Petranesian -sebutan untuk keluarga besar PCU- yang hadir di lantai 3 Gedung Q, PCU, Jalan Siwalankerto, Surabaya. 

BACA JUGA: Gambesi Kampoeng Inspiratif Lahirkan Netizen Bijak Bermedsos


Acara Cake Deco Workshop yang dihadiri sebanyak 100 peserta ini menjadi kegiatan yang menyenangkan setelah masa UTS berakhir. -M. Azizi Yofiansyah-HARIAN DISWAY

Di dalam wadah styrofoam itu terdapat Korean bento cake. Yakni kue atau tart khas Korea berukuran kecil. Diameternya 10 cm saja. Di bulatan bagian atas kue itu dilapisi krim putih.

Di Korea sana, membawa Korean bento cake sebagai bekal sudah jadi tradisi. Kue tersebut diletakkan dalam wadah yang disebut bento. Karena itulah dinamakan Korean bento cake. Artinya cake khas Korea yang diletakkan dalam bento. 

Cake tersebut bisa dikonsumsi baik saat di sekolah atau di tempat kerja. Lazimnya, kue itu dihias dengan warna-warna menarik. Tentu untuk menambah selera makan. 

BACA JUGA: Tak Perlu Takut Alot Saat Masak Ayam Kampung, Ini Tipnya Agar Daging Empuk dan Juicy

Pada 30 April 2024, PCU menggelar acara menghias Korean bento cake. Acara itu disambut antusias oleh para Petranesian. Setelah menjalani jam perkuliahan serta serangkaian aktivitas, menghias cake mampu melepas kepenatan. 


Salah seorang peserta mencari hiasan kue yang menarik dari Pinterest untuk dijadikan bahan inspirasi ketika menghias kue acara Cake Deco Workshop pada Selasa 30 April 2024. -M. Azizi Yofiansyah-HARIAN DISWAY

Peserta workshop belajar dengan bimbingan Niel's Cake. Yakni usaha yang bergerak di bidang wedding cake milik Anita Septiana Candra. "Kami sudah berdiri delapan tahun. Selain wedding cake, kami menangani custom cake dan kue untuk hantaran lamaran," ujar Anita. 

Branding Manager PCU Hanna Amanda menyebut bahwa acara itu untuk membangkitkan kreativitas seni para Petranesian.

"PCU punya program studi unggul di bidang seni. Acara ini dalam rangka World Art Day. Sebenarnya itu diperingati 15 April. Namun, karena pada tanggal itu sedang ada UTS, kami selenggarakan hari ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: