Tak Perlu Takut Alot Saat Masak Ayam Kampung, Ini Tipnya Agar Daging Empuk dan Juicy

Tak Perlu Takut Alot Saat Masak Ayam Kampung, Ini Tipnya Agar Daging Empuk dan Juicy

Ayam kampung memang punya rasa yang sedap. Tapi memasaknya yang agak tricky. Kalau salah sedikit saja bisa bikin dagingnya alot dan susah dikunyah. Ini tip mengolahnya. --istockphoto

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Bagi sebagian orang, ayam kampung lebih disukai daripada ayam broiler. Meski ayam kampung memiliki tekstur yang lebih alot, umumnya ayam kampung memiliki cita rasa yang lebih gurih dan lezat.

Ayam kampung juga memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit sehingga diklaim lebih menyehatkan. Ayam kampung umumnya memiliki struktur otot yang lebih padat dan lemak yang lebih sedikit membuat dagingnya lebih keras dan berserat.

Akibatnya, daging ayam kampung membutuhkan waktu dan teknik khusus agar bisa menjadi empuk dan lezat. Jika tidak dimasak dengan benar, daging ayam kampung bisa terasa alot. Tidak menyenangkan saat dikonsumsi.

BACA JUGA: Trik Ampuh buat Para Mama Agar Masakan Tidak Meletup-Letup saat Digoreng

Memasak ayam kampung memang memerlukan effort yang lebih besar. Kita harus pandai-pandai dalam memasaknya. Tanpa panci presto, Anda tetap bisa mengolah ayam kampung yang lebih empuk, lho. Bagaimana caranya? Simak tip berikut ini.

1. Tambahkan jahe


Anda bisa menambahkan jahe saat memasak ayam kampung. Dijamin ampuh bikin daging jadi empuk dan sedap. --freepik

Menambahkan jahe saat memasak ayam kampung bisa membuat daging lebih empuk & tidak alot karena jahe mengandung enzim proteolitik yang membantu memecah protein dalam daging.

Jahe yang ditambahkan saat memasak ayam kampung bisa membantu mempercepat pelunakan daging. Terutama pada ayam kampung yang cenderung memiliki tekstur lebih keras dan padat.

BACA JUGA: Nasi Campur Mak Kar Surabaya Ini Disuka Pelanggan karena Murah dan Bikin Puas

Untuk memanfaatkan jahe ini, Anda bisa menambahkannya dalam bentuk iris, cincang, atau parutan ke dalam bumbu marinasi, kuah rebusan, atau tumisan.

Jahe yang diiris tipis atau diparut halus memiliki luas permukaan yang lebih besar. Pastinya lebih efektif dalam melunakkan daging. 

2. Kukus ayam kampung selama 60 menit


Mengukus ayam kampung merupakan salah satu cara agar daging tidak alot dan matang sempurna. --

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: