Tak Perlu Takut Alot Saat Masak Ayam Kampung, Ini Tipnya Agar Daging Empuk dan Juicy

Tak Perlu Takut Alot Saat Masak Ayam Kampung, Ini Tipnya Agar Daging Empuk dan Juicy

Ayam kampung memang punya rasa yang sedap. Tapi memasaknya yang agak tricky. Kalau salah sedikit saja bisa bikin dagingnya alot dan susah dikunyah. Ini tip mengolahnya. --istockphoto

Mengukus ayam kampung selama 60 menit adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat dagingnya empuk dan tidak alot.

BACA JUGA: Kuliner Islam dalam Masakan Eropa

Metode pengukusan ini membuat daging ayam kampung matang secara perlahan dengan menggunakan uap panas yang membantu menjaga kelembapan alami daging.

Saat ayam kampung dikukus, suhu panas dari uap meresap ke dalam daging tanpa menyebabkan kekeringan atau kelebihan panas yang bisa membuat daging menjadi keras.

Mengukus daging ayam kampung juga menjaga cita rasa alami ayam kampung dan mempertahankan nutrisinya. Karena daging tidak bersentuhan langsung dengan air. Kandungan vitamin dan mineral tidak hilang atau larut, seperti yang mungkin terjadi saat merebus.

BACA JUGA: Awas, Makanan Cepat Saji Tingkatkan Risiko Kematian Akibat Pernapasan Kronis

3. Gunakan metode 30-30-7


Ternyata merebus daging ayam kampung juga ada tekniknya, lho. Penting untuk Anda perhatikan agar daging empuk dan enak. --Sajian Sedap

Tip selanjutnya yaitu dengan menggunakan metode merebus daging ayam 30-30-7. Artinya, rebus daging ayam di dalam air mendidih selama 30 menit, kemudian matikan kompor dan tutup panci selama 30 menit.

Setelah itu, rebus lagi daging ayam selama 7 menit dengan keadaan panci tetap tertutup. Metode ini akan membantu menghasilkan daging ayam kampung yang empuk dan lembut.

4. Tambahkan potongan buah nanas


Selain bikin tambah enak, menambahkan nanas saat memasak ayam kampung juga bisa bikin daging empuk. --Ima Istiadi

Menambahkan potongan buah nanas ke dalam masakan daging ayam kampung adalah cara efektif untuk membuat daging menjadi lebih empuk dan tidak alot.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Makanan Penyeimbang Lemak Selama Lebaran

Ketika daging ayam kampung direndam atau dimasak bersama potongan nanas, serat-serat protein dalam daging akan menjadi lembut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: