Proyek Selokan di Surabaya Biang Kemacetan

Proyek Selokan di Surabaya Biang Kemacetan

Pengendara melintasi proyek galian yang terletak di jalan HR Muhamad, Surabaya, Jawa Timur.-Julian Romadhon-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Puluhan proyek box culvert atau saluran air menimbulkan kemacetan di sejumlah ruas jalan di Surabaya. Warga diminta menyesuaikan diri. Juga memaklumi bila terjebak kemacetan.

Memang tidak dipungkiri bila proses bangunan menghambat mobilitas warga saat ini. Namun pembangunan saluran air akan memiliki efek baik jangka panjang. Terutama mengatasi masalah banjir di Surabaya.

Setidaknya, saat ini ada sekitar 54 titik lokasi pembangunan saluran di Surabaya. Semuanya berpotensi menimbulkan kemacetan. Jumlah tersebut terdiri dari 35 proyek di bidang pematusan dan 19 proyek bidang jalan.

"Untuk sementara warga dapat mencari jalan alternatif lain akibat proyek ini," ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya Syamsul Hariadi, Sabtu, 4 Mei 2024.

BACA JUGA:Evaluasi Banjir Surabaya: Air Dialirkan ke Jalan Agar Tak Masuk Rumah Warga

BACA JUGA:Pompa Banjir Surabaya Bertumbangan

Beberapa lokasi pengerjaan saluran yang berpotensi menimbulkan kemacetan di antaranya pembangunan saluran di Jalan Keputih Tegal Timur, Jalan HR Muhammad sisi selatan, Jalan Kertajaya sisi selatan, Jalan Raya Manyar Sabrangan, dan Jalan Arief Rachman Hakim.

"Nanti yang besar sebentar lagi kita mulai seperti di Mayjend Sungkono, ini juga potensi macet. Begitu (pekerjaan) HR Muhammad selesai, Mayjend Sungkono kita mulai," ujarnya.


Pengendara melintasi proyek galian yang terletak di jalan Patmosusastro, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 4 Mei 2024.-Julian Romadhon-

Ia menyadari pembangunan saluran memiliki konsekuensi macet dan mengganggu utilitas. Pihaknya berharap warga dapat memaklumi dengan melihat manfaat jangka panjang. Kemacetan dipastikan hanya sementara.

Dicontohkan Syamsul pada pembangunan proyek saluran diversi Gunungsari Banyu Urip belum lama ini. Saat itu, pembangunan saluran penanggulangan banjir berdampak pada kemacetan arus lalu lintas.

BACA JUGA:Kontraktor Proyek Box Culvert Kapasari Janji Kembalikan Tiga Bangunan yang Roboh

BACA JUGA:Tiga Bangunan Ambruk di Kapasari Surabaya, Diduga Terdampak Proyek Box Culvert

"Itu dulu (ketika pembangunan) juga macet, kalau hujan banjir. Makanya kita bangun box culvert, sekarang sudah tidak banjir, sudah tidak macet," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: