Uber Cup 2024: Ribka Reuni dengan Fadia, Ini Susunan Pemain Indonesia vs Tiongkok di Final

Uber Cup 2024: Ribka Reuni dengan Fadia, Ini Susunan Pemain Indonesia vs Tiongkok di Final

UBER Cup 2024: Ribka reuni dengan Fadia, ini susunan pemain Indonesia vs Tiongkok di final. Foto: Gregoria Mariska Tunjung kembali jadi ujung tombak tim Uber di final hari ini. -Deri Destan-PP PBSI

HARIAN DISWAY - Indonesia tidak bisa tampil dengan kekuatan penuh dalam final Piala Uber 2024 melawan Tiongkok pagi ini, Minggu, 5 Mei 2024. Bintang ganda putri Apriyani Rahayu tidak fit, sehingga tidak diterjunkan oleh pelatih Eng Hian.

Sebagai gantinya, pelatih kepala ganda putri yang akrab disapa Didi itu menduetkan Siti Fadia Silva Ramadhanti dengan Ribka Sugiarto. Mereka bakal terjun di partai kedua. Menghadapi ganda putri terbaik Tiongkok, Chen Qing Chen/Jia Yifan.

Apakah ini keputusan yang bagus? Mungkin tidak. Tapi, Eng Hian tidak punya pilihan. Karena cedera betis Apri kambuh ketika habis-habisan melawan Baek Ha Na/Lee So Hee di semifinal kemarin.

BACA JUGA:Uber Cup 2024: Ganda Putri Gagal Sumbangkan Poin, Ini Penyebabnya...

Karena Ribka berpasangan dengan Fadia, otomatis ganda putri kedua juga berubah. Lanny Tria Mayasari, yang biasaya berpasangan dengan Ribka, kali ini dipasangkan dengan Rachel Allessya Rose.


UBER Cup 2024: Ribka reuni dengan Fadia, ini susunan pemain Indonesia vs Tiongkok di final. Foto: Apriyani (kiri) absen karena cedera betis. -Deri Destan-PP PBSI

"Melawan China, tidak ada yang tidak mungkin," kata Kabid Binpres PP PBSI Ricky Subagja. Ia tidak sedang bersikap overkonfiden berkat kemenangan epik atas juara bertahan Korea di semifinal. Namun, ia berusaha optimistis.

"Tapi yang terpenting saya mau melihat daya juang tim Uber kembali, yang sudah diperlihatkan sejauh ini," ucapnya.

BACA JUGA:Uber Cup 2024: Sejarah Lagi! Indonesia Tembus Final Perdana Dalam 16 Tahun Usai Sikat Korea 3-2

BACA JUGA:Uber Cup 2024: Gregoria Mariska Tunjung Buka Kemenangan Indonesia, Optimistis Tembus Final

Tim Uber Cup Indonesia memang tampil luar biasa ketika menghadapi Korea di empat besar. Ketiga tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Komang Ayu Cahya Dewi menyumbangkan angka. Sedangkan dua ganda putri tidak berhasil.

Tiongkok tentu bukan Korea. Kekuatan mereka rata di seluruh sektor. Tiga tunggal putrinya, Chen Yu Fei, He Bing Jiao, dan Han Yue semua ada di 10 besar dunia. Sedangkan gandanya, selain Chen/Jia, diwakili Liu Sheng Shu/Zhang Shu Shian yang tak kalah horornya.

Secara keseluruhan, Indonesia sudah 14 kali bertemu Tiongkok di ajang Uber Cup. Dari jumlah itu, hanya 2 kali kita menang atas skuad Negeri Panda. Namun, Indonesia tidak bolah membuang harapan begitu saja. Masih ada kesempatan, meskipun tipis sekali.


UBER Cup 2024: Ribka reuni dengan Fadia, ini susunan pemain Indonesia vs Tiongkok di final. Foto: Ribka (kiri) tampil bersama Lanny di semifinal melawan Korea.-Deri Destan-PP PBSI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: