Uber Cup 2024: Sejarah Lagi! Indonesia Tembus Final Perdana Dalam 16 Tahun Usai Sikat Korea 3-2

Uber Cup 2024: Sejarah Lagi! Indonesia Tembus Final Perdana Dalam 16 Tahun Usai Sikat Korea 3-2

UBER Cup 2024: Sejarah lagi! Indonesia tembus final perdana dalam 16 tahun usai sikat Korea 3-2.-Deri Destan-PP PBSI

HARIAN DISWAY - Optimisme Gregoria Mariska Tunjung menjadi kenyataan. Indonesia menciptakan sejarah dengan menembus final Piala Uber 2024. Mereka memastikan tiket ke final setelah menang tipis 3-2 atas juara bertahan Korea Selatan.

Itu adalah final Uber Cup pertama bagi Merah Putih dalam 16 tahun terakhir!

Ya, Indonesia kali terakhir menembus parati puncak Uber Cup adalah pada edisi 2008 di Jakarta. Saat itu, Indonesia masih diperkuat peraih perunggu Olimpiade Beijing 2008 Maria Kristin Yulianti, Adriyanti Firdasari, Pia Zebadiah, Greysia Polii, Vita Marissa, dan Liliyana Natsir. Namun, mereka kalah 0-3 oleh Tiongkok di final.

BACA JUGA:Uber Cup 2024: Gregoria Mariska Tunjung Buka Kemenangan Indonesia, Optimistis Tembus Final

Tahun ini pun, di Piala Uber 2024, Indonesia akan menghadapi Tiongkok di final. Gregoria Mariska Tunjung dkk bakal berhadapan langsung dengan runner-up edisi 2022, Chen Yu Fei dkk.


UBER Cup 2024: Sejarah lagi! Indonesia tembus final perdana dalam 16 tahun usai sikat Korea 3-2. Foto: Gregoria Mariska Tunjung menang atas Sim Yu JIn.-Deri Destan-PP PBSI

"Apresiasi setinggi-tingginya atas perjuangan para atlet yang benar-benar mengeluarkan segala kemampuan," tutur Kabid Binpres PP PBSI Ricky Subagja dengan penuh syukur. "Walaupun ada ketegangan tapi mereka bisa mengatasi," lanjutnya.

Ricky menjelaskan, semifinal yang berlangsung di Hi-Tech Zone Sports Center pada 4 Mei 2024 itu jelas sangat tidak mudah. Kedua ganda putri Korea terlalu kuat. Namun, Indonesia (harus diakui), sangat diuntungkan oleh absennya An Se Young. Dia tidak dipasang karena tidak fit.

BACA JUGA:Uber Cup 2024: Siap Tempur, Ini Pasukan yang Diturunkan dalam Semifinal Melawan Korea

Alhasil, para tunggal pelapis lah yang harus naik demi meladeni Gregoria, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Komang Ayu Kusuma Dewi. Dan dengan luar biasa, ketiga tunggal putri Indonesia itu menjalankan tugas dengan baik. Ketiganya berhasil menyumbang poin buat Indonesia.

"Lawan Korea, sebelumnya kami diskusi tentang susunan pemain. Ternyata andalan mereka An Se Young tidak turun. Ini harus dimanfaatkan oleh Gregoria, tidak boleh lepas," jelas Ricky.


UBER Cup 2024: Sejarah lagi! Indonesia tembus final perdana dalam 16 tahun usai sikat Korea 3-2. Foto: Ester Nurumi Tri Wardoyo mengalahkan Kim Ga Ram.-Deri Destan-PP PBSI

"Dari situ, ada harapan walau memang ganda-gandanya juga kuat. Dan ternyata tunggal-tunggal kita bisa menanggung beban dan menyelesaikan dengan baik," tuturnya. "Ini bukti kalau mereka bisa setelah selama ini dipandang pesimis," ucapnya dengan nada semringah.

BACA JUGA:Sejarah Terukir! Tim Uber Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Uber 2024 Setelah 14 Tahun, Selanjutnya Lawan Korea Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: