Uber Cup 2024: Ganda Putri Gagal Sumbangkan Poin, Ini Penyebabnya...

Uber Cup 2024: Ganda Putri Gagal Sumbangkan Poin, Ini Penyebabnya...

Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto tidak mampu menghadang Jeong Na-eun/Kong Hee-yong -PBSI-

HARAN DISWAY - Indonesia melangkah ke final Piala Uber 2024 setelah mengandaskan juara bertahan Korea 3-2 di semifinal. Dalam laga di Hi-Tech Zone Sports Center, Chengdu, 4 Mei 2024 itu, hanya sektor tunggal yang menyumbang poin.

Gregoria Mariska Tunjung, Ester Nurumi Dwi Wardoyo, dan Komang Ayu Cahya Dewi sukses mengalahkan lawan masing-masing. Sekalipun Ester dan Komang harus melalui rubber game yang sangat ketat dan sengit.

Nah, sangat disayangkan, dua pasangan ganda putri gagal menyumbangkan poin. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti kalah telak 6-21, 18-21 oleh Baek Ha Na/Lee So Hee. Sedangkan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto menyerah kepada pasangan dadakan Jeong Na Eun/Kong Hee Yong 15-21, 14-21.

BACA JUGA:Uber Cup 2024: Sejarah Lagi! Indonesia Tembus Final Perdana Dalam 16 Tahun Usai Sikat Korea 3-2

Kondisi pemain yang tidak fit 100 persen menjadi penyebab gembosnya performa kedua pasangan ganda putri Indonesia. Kondisi Apri yang masih cedera betis membuat penampilan dia tidak maksimal.


UBER 2024: Ganda putri gagal sumbangkan poin, ini penyebabnya...-Deri Destan-PP PBSI

Dari lima pertandingan di Piala Uber 2024 ini, Apri hanya turun tiga kali. Yakni saat melawan Uganda, Thailand, dan Korea Selatan. Ketika melawan Uganda dan Thailand, lawan relatif tidak terlalu kuat. Maka, dia tidak merasakan cederanya.

Namun, melawan Baek/Lee yang agresivitas dan defense-nya luar biasa, dia harus memaksa tubuhnya lebih keras. Sehingga cedera itu semakin terasa mengganggu.

"Saya memang harus meningkatkan lagi konsentrasi pukulan, pikiran, dan mental. Melawan mereka harus telaten," jelas kata Apri dalam keterangan resmi melalui PP PBSI.

BACA JUGA:Uber Cup 2024: Gregoria Mariska Tunjung Buka Kemenangan Indonesia, Optimistis Tembus Final

BACA JUGA:Uber Cup 2024: Siap Tempur, Ini Pasukan yang Diturunkan dalam Semifinal Melawan Korea

"Selain itu, saya akui kondisi fisik saya belum kembali 100 persen. Itu terasa sekali saat pertandingan tadi," ucap Apri.

Hal yang sama juga terjadi kepada Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto. Sepanjang event, pasangan tersebut beberapa kali dipisah. Pasalnya Ribka sempat mengalami demam saat babak penyisihan grup.

Sebelum melawan Korea Selatan, Ribka hanya tampil melawan Taiwan dan Thailand. Sementara Lanny dipasangkan dengan Rachel Allessya Rose saat melawan Uganda. Lalu bersama Siti Fadia Silva Ramadhanti saat dikalahkan Jepang 2-3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: