Telah Dibuka Kembali, Bandara Internasional Sam Ratulangi Layani 25 Penerbangan

Telah Dibuka Kembali, Bandara Internasional Sam Ratulangi Layani 25 Penerbangan

Pembukaan Kembali Bandara Sam Ratulangi Minggu, 5 Mei 2024--

MANADO, HARIAN DISWAY - Operasional Bandara Internasional Sam Ratulangi di MANADO, Sulawesi Utara telah dibuka kembali per hari ini, Minggu, 5 Mei 2024 pada pukul 10.00 Wita. 

Sebelumnya, Bandara di Kota Manado ini sempat ditutup selama 5 hari pasca erupsi Gunung Ruang pada Selasa pekan lalu.

Pembukaan kembali Bandara Sam Ratulangi ini sesuai dengan keputusan yang tertulis pada Notice to AirMen (Notam) dengan Nomor A1206/24 NOTAMC A 1203/24.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado Ambar Suryoko menyampaikan pencabutan notam perpanjangan penutupan bandara dilakukan setelah melakukan evaluasi dan koordinasi bersama seluruh stakeholder bandar udara.

BACA JUGA:Pasca Erupsi Gunung Ruang, Sejumlah Bandara di Sulawesi Dibuka Kembali, Kecuali Sam Ratulangi

“Setelah beberapa hari ini mengevaluasi, kondisi bandar udara Sam Ratulangi baik di ruang udara maupun di sisi ground - terinfo membaik,” ujar Ambar.

Ambar menuturkan, pihak bandara telah memproses pembersihan debu debu vulkanik pada sisi ground, namun memang beberapa bagian memerlukan waktu pembersihan yang lebih lama. 

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado Maya Damayanti menginformasikan 25 penerbangan yang terjadwal pada hari ini.

BACA JUGA:Hari Kelima Letusan, Operasional Bandara Sam Ratulangi Masih Ditutup

“Dari Lion itu ada 19 penerbangan, garuda ada 2 penerbangan, dari Transnusa 2 penerbangan dan Citylink 2 penerbangan," terang Maya

Menurut informasi dari pihak Lion group dan Garuda, jadwal penerbangan ini telah disampaikan kepada para penumpang melalui pesan broadcast via Whatsapp ataupun sms.

Disamping informasi penerbangan, Maya juga menyampaikan banyak terimakasih kepada para pihak terkait, karena atas kerjasamanya pembukaan operasional bandara Sam Ratulangi dapat terjadi di hari ini.

BACA JUGA: Bandara Sam Ratulangi Kembali Ditutup Imbas Erupsi Gunung Ruang

“Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada bapak Gubernur, Walikota, Bupati, Kapolda, dan seluruh pemerintah daerah yang terlibat karena sudah membantu kami dalam menyiapkan kondisi bandara,” ungkapnya. (Hayu Anindya Azzahra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: