Tak Hanya Mepamit, Yuk Ketahui 11 Prosesi dan Makna Pernikahan Adat Bali

Tak Hanya Mepamit, Yuk Ketahui 11 Prosesi dan Makna Pernikahan Adat Bali

Pernikahan adat Bali punya berbagai serangkaian persiapan dan aturan. Proses pernikahan itu berpedoman pada aturan Kitab Suci Weda dan Hukum Hindu Bali yang berlaku pada masyarakat. --Instagram dewasnapshots

HARIAN DISWAY- Keberagaman budaya daerah di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri untuk dipelajari lebih dalam. Mulai dari keunikan makanan, norma adat, hingga tradisi yang banyak dihadirkan oleh berbagai suku yang sangat beragam. 

Begitu halnya dengan Pulau Bali yang terkenal dengan lekatnya tradisi yang masih diterapkan dalam keseharian warganya. Salah satu tradisi yang baru saja menarik sorotan adalah mepamit. Dilakukan Mahalini sebelum menikah dengan Rizky Febian. 

Mepamit merupakan suatu acara tradisi atau upacara keagamaan yang dilakukan untuk tujuan hendak meminta izin dan meninggalkan awal tempatnya. Mahalini pun melakukannya dengan tujuan berpamitan kepada keluarga dan leluhurnya.

BACA JUGA: Jelang Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Sule Gelar Pengajian

Dalam kepercayaan Hindu Bali, tradisi itu penting buat Mahalini karena setelah dia menikah maka dia akan menjadi tanggung jawab pria yang menjadi suaminya. Namun, ada pandangan lain tentang mepamit yang dilaluinya itu.

Mengingat mepamit dilakukan oleh Mahalini dengan pasangan yang berbeda agama dengannya. Padahal dalam konteks tersebut, mepamit dapat diartikan sebagai pertanda pamitnya seseorang dari kepercayaan awal yang telah dianutnya. 

Terlepas dari hal itu, perlu diketahui bahwa pernikahan dalam adat Bali ada berbagai serangkaian persiapan dan aturan. Proses pernikahan itu berpedoman pada aturan Kitab Suci Weda dan Hukum Hindu Bali yang berlaku kuat di masyarakat. 

BACA JUGA: Rizky Febian Dan Mahalini Gelar Upacara Mepamit Sebelum Menikah, Ini Maknanya

Dalam adat Bali, pernikahan dibagi menjadi dua prosesi yakni memadik (meminang) yang biasanya dilakukan di rumah mempelai perempuan dan merangkat yang dilakukan di rumah mempelai laki-laki (ngerorod). Demikian selengkapnya:

1. Mesedek 

Mesedek ialah rangkaian awal dari prosesi pernikahan adat Bali. Pada tahapan ini, kedua orang tua dari mempelai pria berkunjung ke rumah mempelai wanita untuk bersilaturahmi dan memperkenalkan diri.
Salah satu tahapan dalam pernikahan adat Bali. Tampak prosesi mesedek yang dilakukan kedua mempelai didampingi kedua orang tua masing-masing. --Instagram Bayuuantara

Saat itu, orang tua mempelai wanita bisa mengetahui seberapa siapkah mempelai pria hendak membangun rumah tangga. Prosesi ini sukses bila orang tua mempelai wanita menyatakan setuju dan memberi izin untuk diadakannya pernikahan.

BACA JUGA: Rizky Febian dan Mahalini Bakal Nikah di Jakarta, Sule: Lini Akan Pindah Agama

2. Medewasa Ayu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: