Rizky Febian Dan Mahalini Gelar Upacara Mepamit Sebelum Menikah, Ini Maknanya

Rizky Febian Dan Mahalini Gelar Upacara Mepamit Sebelum Menikah, Ini Maknanya

Rizky Febian dan Mahalini usai jalankan proses upacara mepamit pada 5 Mei 2024 di Bali--Instagram : mahaliniraharja

HARIAN DISWAY - Pasangan penyanyi Rizky Febian dan Mahalini menggelar upacara mepamit pada 5 Mei 2024. Upacara itu digelar di Bali, tepatnya di rumah keluarga Mahalini, sebelum mereka melangsungkan pernikahan.

Upacara mepamit merupakan salah satu rangkaian upacara adat Bali yang bertujuan untuk berpamitan. Upacara mepamit ini dilakukan oleh pihak mempelai wanita dan mempelai pria.

Pada upacara mepamit, mempelai perempuan akan berpamitan kepada keluarga dan leluhur. Serta meminta izin untuk keluar dari keanggotaan adat leluhur mereka. Selain itu, mempelai perempuan juga akan meminta restu kepada keluarga dan leluhur mereka untuk mengikuti keyakinan dan adat dari mempelai pria.

BACA JUGA:Rencana KUA Jadi Tempat Pernikahan Semua Agama Dinilai Positif


Rizky Febian bersama sang Ayah (Sule) datang ke rumah keluarga Mahalini untuk jalankan proses upacara mepamit sebelum pernikahan--Instagram : ferdinan_sule

Peran pihak mempelai pria pada upacara mepamit adalah menjadi saksi atas pamitnya mempelai perempuan. Tidak hanya itu, mempelai pria juga mengutarakan niatnya untuk meminang mempelai wanita di hadapan keluarga dan leluhur mempelai perempuan.

Setelah pihak mempelai pria meminta izin, pihak keluarga dan leluhur mempelai perempuan akan bertanya kepada mempelai wanita apakah ia sanggup dan siap melakukan pernikahan serta membangun keluarga sesuai dengan keyakinan dan adat dari mempelai pria.

Jika mempelai perempuan telah menyetujui, maka proses upacara mepamit pun telah usai. Selanjutnya mempelai wanita dinyatakan resmi keluar dari keanggotaan adat dan bergabung dengan adat pihak mempelai pria.


Mahalini yang dibalut dengan kebaya khas Bali melakukan proses upacara mepamit kepada keluarga dan leluhur--Instagram : mahaliniraharja

BACA JUGA:Rizky Febian dan Mahalini Tunangan, Sule Sudah Merestui

BACA JUGA:Romantis! Rizky Febian dan Mahalini Rilis Lagu Bermuara Jelang Menikah

Jika telah melewati tahap upacara mepamit, maka mempelai pria dan mempelai wanita diperbolehkan melangsungkan pernikahan sesuai dengan adat dari pihak mempelai pria.

Tradisi upacara mepamit ini menjadi pembuka dari rangkaian acara lainnya yang akan dilakukan oleh Rizky Febian dan Mahalini sebelum melangsungkan pernikahan. Sebelumnya, pasangan penyanyi ini juga merilis single kolaborasi yang berjudul Bermuara pada 3 Mei 2024 lalu.

Setelah resmi merilis single kolaborasi dan melakukan upacara mepamit, banyak netizen yang berharap agar acara pernikahan Rizky Febian dan Mahalini berlangsung dengan lancar nantinya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber