Presiden Jokowi Resmikan IDTH, Jadi Pusat Penguji Perangkat Digital yang Terbesar dan Terlengkap di Asia Tenggara

Presiden Jokowi Resmikan IDTH, Jadi Pusat Penguji Perangkat Digital yang Terbesar dan Terlengkap di Asia Tenggara

Potret peresmian Indonesia Digital Test House yang jadi pusat pengujian perangkat digital terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara, Depok, Selasa, 7 Mei 2024.--Youtube Sekretariat Presiden

HARIAN DISWAY - Presiden Jokowi meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) yang ada di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT), Depok pada Selasa, 7 Mei 2024. 

Lebih jelas, IDTH merupakan pusat pengujian perangkat digital pertama dan berstandar Internasional yang ada di Indonesia. Tidak hanya itu, IDTH juga menjadi pusat pengujian terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara.

“IDTH saat ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih berkelas internasional untuk menguji perangkat-perangkat digital,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dalam pidatonya di peresmian IDTH, Selasa, 7 Mei 2024.


Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dalam pidatonya saat acara Peresmian IDTH di Depok, Selasa, 7 Mei 2024.--Youtube Sekretariat Presiden

BACA JUGA:Jokowi Resmikan Aturan Baru PPDS, Calon Dokter Spesialis Kini Tidak Lagi Kuliah dan Bayar Uang ke Kampus

Secara rinci, perangkat digital yang dimaksud antara lain fitur telekomunikasi radio frekuensi, electromagnetic compatibility, electrical safety, dan juga specific absorption rate.

Pembangunan IDTH juga bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengguna perangkat telekomunikasi di Indonesia, hingga melakukan standarisasi produk ekspor maupun impor perangkat yang beredar di Nusantara

“Serta menjamin interoperabilitas dan perlindungan interferensi antar perangkat yang antara lain laptop, ponsel, bluetooth, access point, televisi digital, HT, dan juga radar,” rinci Budi. 


Peresmian Indonesia Digital Teset House yang jadi pusat pengujian perangkat digital terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara.--Youtube Sekretariat Presiden

BACA JUGA: Jokowi Nyatakan Akan Dorong Hilirisasi Produk Pertanian: Industri Harus Dekat Dengan Lahan Pertanian

Budi mengungkapkan nantinya pusat pengujian tersebut juga akan menjadi center of excellence perangkat digital, sehingga dapat melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang tanggap teknologi. 

Bahkan, usaha mikro kecil-menengah (UMKM) dan pengusaha lokal juga dapat memanfaatkan fasilitas IDTH dengan gratis untuk menguji perangkat hingga mengembangkan inovasi usahanya. 


Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato arahannya dalam acara Peresmian IDTH di Depok, Selasa, 7 Mei 2024.--Youtube Sekretariat Presiden

“Inilah yang kita cita-citakan bersama-sama, digitalisasi menjadi basis bagi pengembangan industri dan ekonomi dalam negeri, dengan menempatkan produsen lokal menjadi raja di negeri sendiri,” tegas Presiden Jokowi dalam pidato arahannya di kesempatan yang sama. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube sekretariat presiden