Mengenal Hari Kenaikan Yesus Kristus 9 Mei 2024 dan Tujuan Peringatannya

Mengenal Hari Kenaikan Yesus Kristus 9 Mei 2024 dan Tujuan Peringatannya

Mengenal Hari Kenaikan Yesus Kristus dan tujuan peringatannya. --ilustrasi

HARIAN DISWAY - Hari ini, 9 Mei 2024, diperingati sebagai Hari Kenaikan Yesus Kristus. Perayaan ini adalah momentum penting bagi umat Kristiani yang dirayakan setiap tahun. Peringatan tersebut dirayakan 40 hari setelah Hari Paskah.

Namun, apa sih yang dimaksud dengan Hari Kenaikan Yesus tersebut? Simak informasi berikut.

Menurut Kitab Kisah Para Rasul, setelah muncul beberapa kali kepada para Rasul selama 40 hari, Yesus diangkat ke surga di hadapan mereka, menyembunyikan diri di balik awan. Peristiwa ini dianggap sebagai lambang kehadiran Allah yang baru.

Perayaan Kenaikan Yesus menegaskan kedudukan-Nya sebagai Raja. Mulai dari abad ke-4, Kenaikan Yesus Kristus dirayakan 40 hari setelah Paskah dan 10 hari sebelum Pentakosta.

BACA JUGA:OMK Hati Kudus Yesus dan Kevikepan Surabaya Selatan Rayakan Hari Bumi dengan Aksi Nyata: Tanam 1000 Bibit Mangrove

Dalam perayaan ini, umat Kristiani mengenang perjalanan Yesus Kristus ke Bukit Zaitun, tempat ia naik ke surga. Ini adalah momen penting dalam kehidupan Kristiani yang diperingati dengan berbagai ritual dan prosesi.


MENGENAL Hari Kenaikan Yesus Kristus 9 Mei 2024 dan tujuan peringatannya.-Time and Date-

Di Eropa pada abad pertengahan, umat Kristiani merayakan Kenaikan Kristus dengan upacara dan ritual khusus. Salah satunya adalah acara yang menggambarkan cerita saat Kristus dan para Rasul naik ke langit dari Bukit Zaitun.

Ada juga tradisi unik lainnya, yakni dengan mengibarkan salib atau patung Kristus di atas gereja. Itu seperti simbol bahwa Kristus bangkit dari kematian dan pergi ke surga.

BACA JUGA:Beban Mental Mahasiswa UKWMS saat Perankan Yesus di Jalan Salib Gereja Katedral Surabaya

Kenaikan Yesus Kristus menjadi hal penting bagi umat Kristiani, karena mereka akan mendapatkan warisan surgawi di masa depan, menerima pencurahan Roh Kudus dan mengalami kuasa Kristus dalam gereja.

Dalam Matius 28:16-20, sebelum Yesus pergi ke surga, ia memberikan pesan penting kepada para murid-Nya. Pesan itu sangat erat hubungannya dengan tugas besar yang harus mereka lakukan dalam menyebarkan kabar baik Injil.

Pesan itu menyertakan otoritas-Nya di ayat 18. Yesus mengatakan bahwa ia memiliki kuasa di surga dan di bumi, dan ia memberikan kuasa itu kepada pengikut-Nya untuk memberitakan Injil.


MENGENAL Hari Kenaikan Yesus Kristus 9 Mei 2024 dan tujuan peringatannya. Foto: ilustrasi patung Yesus Kristus.-Time and Date-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber