Jamaah Haji Waspadai Penyakit Menular Hingga Dehidrasi

Jamaah Haji Waspadai Penyakit Menular Hingga Dehidrasi

Pemerintah mengimbau para jemaah haji terutama jemaah lansia untuk tetap menjaga kesehatan dan stamina pada musim haji 2024--freepik

HARIAN DISWAY - Menjaga kesehatan diri merupakan hal yang sangat penting saat melaksanakan ibadah haji di tanah suci. 

Agar tetap bisa menjalani kegiatan ibadah dengan lancar, kondisi fisik dan mental harus tetap sehat. Apalagi tubuh yang perlu adaptasi dengan lingkungan dan cuaca yang baru. 

Saat ini kondisi di Mekkah dan Madinah sedang menghadapi situasi ancaman penyakit menular. Disampaikan WHO, penyakit menular tersebut adalah MERS (Middle East Respiratory Syndrome). 

MERS merupakan penyakit pernafasan yang menular dan berpotensi pandemik. Jadi penyakit ini mudah sekali membawa virus dan menularkannya. 


Penyakit MERS dapat ditularkan melalui hewan unta dan produk hewaninya.--freepik

BACA JUGA:393 Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Madinah, Lebih Cepat Dengan Fast Track

Penyakit ini dapat menular apabila melakukan kontak langsung dan tidak langsung dengan hewan unta serta produknya seperti susu dan daging unta. 

Selain MERS penyakit infeksi lainnya adalah meningitis. meningitis merupakan penyakit infeksi radang selaput otak yang disebabkan oleh virus atau bakteri jamur. Hal tersebut disebutkan oleh Epidemiolog dari Griffith Australia Dicky Budiman

Kemudian, Dicky juga menambahkan bahwa penyakit ini merupakan penyakit endemik di Arab Saudi dan jumlah kematiannya tinggi sekali. 

BACA JUGA:Suhu di Arab Saudi Bisa Tembus 50 Derajat Celcius, Jemaah Haji Wajib Tahu Cara Mencegah Terkena Heat Stroke

“Kalau MERS tadi angka kematiannya 35%, nah kalau meningitis ini ketika terinfeksi dan sudah bergejala bisa sampai 80%,” ungkapnya. 

Oleh karena itu untuk menjaga kenyamanan dan keamanan diri sendiri, para jamaah haji wajib waspada dengan penyakit mewabah tersebut. 

Dicky Budiman merekomendasikan agar para jamaah menggunakan masker ketika berkegiatan di luar. Terlebih ketika berada di keramaian. 

BACA JUGA:Jemaah Haji Waspada! WHO Keluarkan Peringatan Potensi Penularan Wabah Mers di Arab Saudi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: