Stop Lakukan Kebiasaan Buruk Ini yang Bikin Baterai Handphone Cepat Rusak dan Boros

Stop Lakukan Kebiasaan Buruk Ini yang Bikin Baterai Handphone Cepat Rusak dan Boros

Hentikan beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat baterai handphone Anda cepat rusak dan tidak bisa digunakan. --Raw Pixel

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ponsel atau telepon seluler menjadi salah satu barang kebutuhan penting saat ini. Selain sebagai sarana berkomunikasi, handphone juga digunakan untuk menunjang aktivitas dan pekerjaan.

Handphone yang mengalami masalah, seperti baterai yang cepat habis dan rusak, tentu bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari kebiasaan buruk dalam menggunakan handphone

1. Pengisian baterai yang berlebihan


Mengisi daya baterai terlalu lama justru akan membuat kualitasnya menurun dan baterai tidak tahan lama. --Brightside.me

Proses pengisian baterai (charge) yang tidak teratur dan meninggalkan handphone yang terus diisi daya setelah mencapai 100 persen dapat menyebabkan baterai cepat menjadi anjlok atau drop.

BACA JUGA: Weekend Seru! Charity Dinner Sambil Nikmati DJ dan Fire Dance di Bali, Begini Caranya Berpartisipasi 

Selain itu, pengisian baterai yang berlebihan dapat mengakibatkan degradasi lebih cepat serta membuat baterai bekerja lebih keras. Tak heran bila hal itu dapat menyebabkan kondisi fisik baterai cepat menurun dengan cepat.

Men-charge yang berlebihan juga bisa menyebabkan baterai mengembung hingga akhirnya rusak. Maka disarankan agar baterai di-charge selama 2- 3 jam saja. Perhatikan waktunya dengan baik agar tak terlewat.

2. Menggunakan handphone saat sedang mengisi daya


Hindari kebiasaan menggunakan handphone saat sedang mengisi daya, hal ini bisa menyebabkan penurunan kulitas baterai secara perlahan. --freepik/rawpixel.com

Menggunakan handphone saat sedang mengisi daya bisa membuat baterai cepat rusak. Saat perangkat digunakan, terutama untuk aktivitas berat seperti bermain game atau menonton video, handphone akan menghasilkan panas tambahan. 

BACA JUGA: Jadi Pendatang Baru Surabaya Tourism Award 2024, Shangri-La Hotel Surabaya Andalkan Public Space yang Artistik

Panas ini bila ditambah dengan panas yang dihasilkan dari proses pengisian daya, dapat menyebabkan suhu baterai meningkat. Suhu yang berlebihan dapat mempercepat degradasi sel-sel baterai, sehingga kapasitas dan umur baterai menurun lebih cepat.

3. Menggunakan casing pelindung saat mengisi baterai handphone

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: