Stop Lakukan Kebiasaan Buruk Ini yang Bikin Baterai Handphone Cepat Rusak dan Boros

Stop Lakukan Kebiasaan Buruk Ini yang Bikin Baterai Handphone Cepat Rusak dan Boros

Hentikan beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat baterai handphone Anda cepat rusak dan tidak bisa digunakan. --Raw Pixel


Anda bisa melepas sementara casing handphone pada saat mengisi daya agar panas pada baterai tidak terhambat untuk keluar. --Intrik.id

Menggunakan casing pelindung saat mengisi baterai handphone dapat mempercepat kerusakan baterai. Hal ini disebabkan oleh penumpukan panas yang terjadi selama proses pengisian daya.

Ketika ponsel diisi daya, baterai cenderung menghasilkan panas. Jika ponsel dilapisi casing pelindung, panas ini terjebak di dalam dan tidak dapat keluar dengan efektif, menyebabkan suhu internal ponsel meningkat.

BACA JUGA: Ciputra World Hotel Ikut Ajang Surabaya Tourism Award 2024, Totalitas soal Public Area

Pengisian daya dalam kondisi panas yang berlebih dapat memicu perlambatan pengisian sebagai mekanisme perlindungan handphone. Atau dalam beberapa kasus, handphone dapat menghentikan pengisian untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Kondisi ini tidak hanya mengganggu penggunaan sehari-hari. Tetapi bisa memperburuk kondisi baterai secara keseluruhan.

4. Membiarkan baterai kosong terlalu lama


Segera isi daya saat baterai sudah mulai habis dan jangan menundanya agar kualitas baterai tidak menurun karena dibiarkan terlalu lama. --freepik

Membiarkan baterai kosong terlalu lama dapat mempercepat kerusakannya. Ketika baterai dibiarkan dalam keadaan kosong untuk jangka waktu yang lama, kondisi ini dapat menyebabkan sel-sel di dalam baterai menjadi tidak stabil.

BACA JUGA: 6 Tempat Bersejarah di Tanah Suci

Hal ini terutama berlaku untuk jenis baterai lithium-ion yang banyak digunakan dalam perangkat elektronik modern seperti smartphone, laptop, dan tablet.

Sel-sel baterai yang dibiarkan kosong terlalu lama dapat mengalami penurunan tegangan yang signifikan. Jika tegangan turun di bawah level kritis tertentu, sel-sel tersebut bisa mengalami kerusakan permanen. 

Dalam beberapa kasus, baterai mungkin tidak bisa diisi ulang sama sekali setelah tegangan turun terlalu rendah, atau kapasitasnya akan sangat berkurang sehingga daya tahan baterai menurun drastis.

5. Menggunakan charger yang tidak asli


Jangan mengganti charger bawaan handphone Anda dengan charger palsu yang akan membuat baterai cepat rusak karena kualitasnya yang tidak sesuai dengan spek handphone yang Anda gunakan. --pixabay.com/Mahesh Patel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: