14 Tahun Memimpin, Gus Irsyad Mundur dari Ketua DPC PKB Pasuruan

14 Tahun Memimpin, Gus Irsyad Mundur dari Ketua DPC PKB Pasuruan

Gus Irsyad mengejutkan publik dengan pengunduran dirinya sebagai ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan -Istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Ketua DPC PKB Irsyad Yusuf secara mengejutkan menyatakan mundur sebagai ketua DPC PKB Kabupaten PASURUAN

Padahal, pria yang akrab disapa Gus Irsyad ini telah memimpin DPC PKB sejak tahun 2010. Gus Irsyad mengumumkan pengunduran dirinya di acara halal bihalal bersama Pengurus DPC, DPAC dan Anggota Fraksi PKB di DPRD pada Jumat, 17 Mei 2024.

Pengunduran diri adik kandung Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf itu dengan alasan kegagalannya menambah jumlah kursi di pemilihan legislatif (pileg) 2024.

Padahal, selama memimpin DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Gus Irsyad dikenal sebagai sosok yang banyak memberikan kontribusi untuk PKB dan Nahdlatul Ulama. 

BACA JUGA:Gus Ipul Beri Isyarat Maju Lagi di Pilkada Kota Pasuruan

Gus Irsyad mengungkapkan alasan mundurnya sebagai ketua DPC PKB murni karena merasa gagalnya ia menambah perolehan kursi di pileg 2024. Seluruh daya dan upaya sudah ia lakukan, tetapi PKB Kabupaten Pasuruan hanya memperoleh 15 kursi dari target 18 kursi. 

"Ada banyak jalan untuk berkhidmah. Saya tetap berjuang bersama PKB. Meskipun tidak mengemban jabatan ketua DPC," kata Gus Irsyad. 

BACA JUGA:Pilkada Kota Pasuruan: PKB Usung Adik Mantan Wali Kota, Gus Ipul Masih Belum Tentukan Langkah

Pernyataan pengunduran diri Gus Irsyad membuat terkejut banyak pihak. Baik dari dalam dan luar PKB Kabupaten Pasuruan. "Kegagalan Gus Irsyad memenuhi janji sesuai pakta integritas pada DPP PKB bukan tanpa sebab. Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan HM. Sudiono Fauzan mengatakan, situasi pileg 2024 jelas brutal dan barbarnya. Maka, sangat maklum jika sampai Gus Irsyad seperti itu," ungkap Mas Dion sapaan akrabnya. 

Gus Irsyad sendiri dikenal sebagai sosok yang perhatian pada NU dan PKB. Selama memimpin DPC PKB Kabupaten Pasuruan. Banyak orang yang merasa terbantu oleh Gus Irsyad. "Gus Irsyad orang yang sangat baik dan loman (royal). Satu persatu kader NU atau PKB diperhatikan sampai soal anak-anaknya. Beliau sosok pemimpin bijaksana," ungkap Soleh salah seorang warga. 

DPC PKB Kabupaten Pasuruan sendiri saat ini akan tetap fokus kepada pemenangan KH Mujib Imron sebagai calon Bupati yang sudah mendapat rekomendasi dari DPP PKB. Gus Irsyad pun berpesan kepada seluruh kader PKB untuk memenangkan KH Mujib Imron.(Lailiyah Rahmawati)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: