Resep Legitnya Gethuk Pisang Khas Kediri yang Cocok Jadi Oleh-oleh

Resep Legitnya Gethuk Pisang Khas Kediri yang Cocok Jadi Oleh-oleh

Gethuk pisang jadi salah satu makanan khas Kota Kediri yang punya rasa legit dan manis. --Bisnis UKM

KEDIRI, HARIAN DISWAY - KEDIRI memang dijuluki sebagai kota tahu, tapi makanan khasnya enggak cuma tahu kuning aja, lho. Salah satu yang banyak disuka adalah gethuk pisang yang rasanya legit dan manis.

Setiap daerah memang punya makanan tradisional yang khas dengan cita rasa yang berbagai macam. Pun dengan Kota Kediri. Ada banyak makanan tradisional yang rasanya mantap dan merasuk di lidah. 

Aneka makanan itu ada sambal pecel tumpang, tahu kuning atau tahu takwa, nasi goreng arang, sate bekicot, dan salah satu yang “gong” adalah gethuk pisang. Kalau Anda menyebut gethuk pisang pasti yang teringat adalah kota Kediri. Begitulah katanya. 

BACA JUGA: Musim Panas Memang Paling Enak Minum Es Dawet, Ini Cara Membuatnya

Rasa manis alami dari pisang menciptakan cita rasa yang legit dan menggugah selera. Gethuk pisang biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup dan sering dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun acara-acara khusus di Kediri.

Banyak orang kalau mendengar kata “gethuk” pasti identik dengan jajanan tradisional khas Jawa yang terbuat dari singkong dan umbi-umbian. Tapi kali ini berbeda, gethuk juga bisa terbuat dari pisang yang diolah menjadi makanan manis yang enak.

Pisang yang digunakan pun merupakan jenis pisang raja nangka karena cita rasanya yang khas dan berbeda dari pisang pada umumnya. Jenis pisang ini tak lembek ketika dikukus karena teksturnya yang agak keras. Rasanya juga manis-asam dan aromanya khas. 

BACA JUGA: Tak Perlu Takut Alot Saat Masak Ayam Kampung, Ini Tipnya Agar Daging Empuk dan Juicy

Gethuk pisang bisa bertahan selama dua hingga tiga hari di suhu kamar, tapi juga bisa bertahan selama seminggu jika Anda menyimpannya di dalam kulkas.

Keunikan serta kesederhanaan bahan dan proses pembuatannya menjadikan gethuk pisang sebagai salah satu ikon kuliner yang melekat dengan budaya dan tradisi masyarakat Kediri. Sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh

Tapi kalau Anda sedang tidak bertandang ke Kediri, bisa membuatnya sendiri di rumah. Gampang kok caranya, ikuti saja resepnya. 

BACA JUGA: Masak Lebih Aman dan Efisien, Ini Tip Menarik Buat Para Mama Memilih Alat Masak yang Awet

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya juga mudah ditemukan. Cukup siapkan 1 sisir pisang raja nangka setengah matang, 25 gram tepung beras, 40 gram tepung tapioka, 1 sdt vanili, sejumput garam, daun pisang secukupnya, dan 6 sdm gula.

Langkah pertama, Anda bisa mengukus pisang memakai kukusan yang telah dipanaskan terlebih dahulu hingga pisang matang. Kukus kurang lebih selama 20 menit. Setelah pisang matang, keluarkan dan kupas kulit pisang lalu haluskan dengan tumbuk atau garpu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: