Juri Surabaya Tourism Award 2024 Lanjut Visitasi ke Kebun Raya Mangrove dan Novotel Samator

Juri Surabaya Tourism Award 2024 Lanjut Visitasi ke Kebun Raya Mangrove dan Novotel Samator

Halaman depan Novotel Samator Surabaya dengan view gedung tinggi. Lokasi itu kerap digunakan foto prewedding. -M Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

"Ya, mungkin perlu dipikirkan tentang akses untuk bus pariwisata yang ukurannya besar. Jika ingin berkunjung ke situ tentu agak susah untuk transportasi seperti bus," ujar Jai. Namun, bagi Jai, secara keseluruhan Wisata Mangrove sudah cukup bagus. 

Dalam STA 2024, wisata mangrove itu masuk dalam kategori Nature Based Tourism atau Wisata Alam. Bersaing ketat dengan dua finalis lainnya. Yakni Kebun Binatang Surabaya dan Taman Hiburan Pantai Kenjeran.

Beberapa hotel pun cukup percaya diri dengan potensinya. Salah satunya adalah Novotel Samator. Hotel itu masuk dalam kategori Best Public Space. Dalam kategori itu, selain Novotel Samator, ada Ciputra World Hotel dan Shangri-La Hotel.

BACA JUGA: Stop Lakukan Kebiasaan Buruk Ini yang Bikin Baterai Handphone Cepat Rusak dan Boros

Public space atau ruang publik dalam Novotel Samator adalah keseluruhan bangunan. Mulai dari lobi, restoran, kafe, pool dan gym di lantai lima, serta meeting room. 


Kolam renang Novotel Samator yang terintegrasi dengan bar yang kerap digunakan pengunjung untuk bersantai. -M Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Maka, konsep bangunan itu adalah connected building. Saling terintegrasi antara satu dan yang lainnya. Ketika masuk lobi, terkoneksi dengan restoran Pinisi. Kemudian dapat menikmati areal semi outdoor di ruang The Deck Restaurant. 

Seperti meeting room yang terintegrasi dengan Restoran Heritage di lantai tiga. "Jika ada meeting danmasuk sesi santap siang, tinggal membuka partisi yang ada di restoran. Jadi simpel. Tidak perlu keluar lagi lalu berjalan menuju restoran," ungkap. Operation Manager Novotel Samator Arrita F Handayani.

BACA JUGA: Tetap Berkebaya, Semangat Wanita Masa Kini Menggelora dalam Pound Fit yang Digelar Verwood

Salah satu spot instagrammable adalah di halaman gedung hotel. Berfoto di tengah-tengah instalasi kuda dengan air mancur dapat memunculkan nuansa unik. Pun adanya gedung bertingkat sebelah kiri dan kanan. 

"Foto di tengah-tengah halaman depan itu kerap dilakukan untuk prewedding. Hasilnya memang apik. Gedung di kiri-kanan itu membuat hasil fotonya seperti berada di tengah-tengah kota," ungkapnya.

Dengan ruang publik yang saling terintegrasi, Arrita yakin bahwa Samator akan mendapat gelar Best Public Space. Kebersihan, keamanan, tata ruang juga sangat maksimal.

"Presiden Jokowi ketika acara Natal tahun lalu, menginapnya di hotel ini. Itu membuktikan bahwa Novotel Samator sangat layak. Dari sisi keamanan dan kenyamanan pun terjamin," pungkasnya. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: