Gempa M 5,3 Guncang Malang, Disusul M 4,0 di Pacitan

Gempa M 5,3 Guncang Malang, Disusul M 4,0 di Pacitan

Gempa bermagnitudo 5,3 guncang wilayah Malang, Jawa Timur. --BMKG

HARIAN DISWAY - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur pada Selasa, 21 Mei 2024.

Gempa berkekuatan Magnitudo 5,3 mengguncang Malang pada dini hari, tepatnya pukul 02.42 WIB.

Pusat gempa berada di laut selatan Jawa dengan kedalaman 10 kilometer.

Lokasi tersebut berjarak 127 Km dari arah tenggara Kabupaten Malang, tepatnya pada titik koordinat 9,28 LS dan 112,61 BT.

BACA JUGA:Segini Jumlah Fasum Terdampak Gempa Bumi di Pulau Bawean, Pemprov Jatim Percepat Perbaikan Untuk Kebutuhan Warga

Laporan BMKG mencatat, gempa itu terasa di berbagai wilayah seperti Malang, Jember, Kepanjen dan Kuta dengan skala MMI kategori II. Sedangkan, di Desa Karangkates, skala MMI berada di kategori III.

Tak hanya itu, pagi harinya, gempa kembali mengguncang wilayah laut selatan Jawa dengan kekuatan 4.0 M pada pukul 05.18 WIB.

BMKG menyebutkan pusat gempa tersebut berada di titik koordinat 8,48 LS dan 110,38 BT atau berjarak 45 Km dari arah barat daya Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

BACA JUGA:Kabupaten Bandung Diguncang Gempa Berkekuatan M 4.2, BNPB Imbau Waspada Gempa Susulan

BACA JUGA:Gempa Garut Sebabkan 267 Rumah Terdampak, 8 Rumah Rusak Berat

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan yang diakibatkan oleh dua gempa yang mengguncang Malang dan Pacitan.

“Sampai dengan sekarang belum ada laporan kerusakan, namun kami tetap lakukan pemantauan lapangan apakah ada dampak akibat gempa tersebut. Mudah-mudahan aman dan terkendali,” tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Widodo Julianto pada Selasa, 21 Mei 2024.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati dengan kemungkinan terjadinya gempa susulan.

BACA JUGA:BMKG Paparkan Sebab Gempa Beruntun di Laut Banda Utara, Minta Masyarakat Waspada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: