Jangan Keramas Tiap Hari! Ini Jadwal Keramas yang Ideal untuk Jenis Rambut Anda!

Jangan Keramas Tiap Hari! Ini Jadwal Keramas yang Ideal untuk Jenis Rambut Anda!

Jadwal keramas yang ideal untuk jenis rambut Anda. --Pinterest

HARIAN DISWAY - Menjaga kebersihan tubuh merupakan keharusan bagi setiap individu termasuk kebersihan rambut dan kulit kepala. Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala perlu diperhatikan termasuk berapa waktu yang ideal untuk keramas. 

Sebenarnya waktu yang ideal untuk keramas bukanlah setiap hari. Sebab, tidak semua jenis rambut memiliki cara perawatan yang sama. Seseorang yang memiliki jenis rambut berminyak, akan berbeda cara perawatannya dengan jenis rambut rontok. Yuk simak waktu ideal untuk keramas pada setiap jenis rambut

1. Rambut berminyak 

Pemilik jenis rambut berminyak memang memerlukan perawatan lebih banyak dibanding jenis rambut lainnya. Sebab jenis rambut berminyak menimbulkan penumpukan minyak dan kotoran berlebih di rambut dan kulit kepala. 

BACA JUGA: Kemarau Tiba, Ini Tip Efektif Merawat Rambut di Tengah Cuaca Terik

Untuk itu, jika Anda pemilik jenis rambut berminyak, Anda wajib keramas setiap hari atau paling tidak setiap 2 hari sekali. Hal ini untuk mencegah kulit kepala terasa berminyak dan berat serta mengurangi bau apek pada rambut. 

2. Rambut kering  

Jika Anda memiliki jenis rambut kering, sebaiknya Anda keramas rutin setiap 2 kali dalam seminggu. Biasanya rambut kering disebabkan oleh iklim yang panas dan kering. Selain itu, terlalu banyak beraktivitas di bawah sinar matahari langsung juga dapat menyebabkan rambut menjadi kering. 

BACA JUGA:Awas Rusak! Ini 5 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan saat Mewarnai Rambut Sendiri

Jika Anda terlalu sering keramas dapat menghilangkan minyak alami yang tersisa di rambut dan kulit kepala Anda. Salah satu cara untuk merawat rambut kering selain keramas setiap 2 kali seminggu yaitu dengan menggunakan kondisioner setiap selesai keramas agar rambut terasa lembab dan ternutrisi. 

3. Rambut rontok

Pemilik jenis rambut rontok sebaiknya keramas setiap 2-3 hari sekali. Jika terlalu sering dapat menyebabkan rambut semakin rapuh dan mudah rontok. 

Selain itu, jika Anda ingin mengurangi rambut rontok, pastikan Anda tidak mengikat rambut terlalu kencang serta menggosok rambut terlalu keras saat keramas. Pastikan Anda juga menggunakan kondisioner dan vitamin rambut secara rutin. 

BACA JUGA:8 Tips Merawat Rambut Keriting Agar Sehat dan Berkilau Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber