Tanggal 28 Mei Memperingati Hari Apa? Ada Hari Amnesti Internasional

Tanggal 28 Mei Memperingati Hari Apa? Ada Hari Amnesti Internasional

Tanggal 28 Mei memperingati hari apa? Ada Hari Amnesti Internasional. --Amnesty International

HARIAN DISWAY - Ada beberapa momentum penting yang diperingati tiap 28 Mei. Salah satunya adalah Hari Amnesti Internasional. Selain itu, ada dua peringatan lainnya yang diperingati di hari yang sama. Berikut penjelasan selengkapnya.

Hari Amnesti Internasional

Setiap 28 Mei, dunia memperingati Hari Amnesti Internasional atau Amnesty International Day. Peringatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat dari berbagai negara, budaya, dan ras untuk aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan hak asasi manusia.

Amnesty International, sebuah organisasi hak asasi manusia global, didirikan di London pada Juli 1961. Organisasi itu berfokus pada isu-isu hak asasi manusia seperti peperangan dan invasi militer.

Pembentukan Amnesty International dimulai oleh seorang pengacara Inggris bernama Peter Benenson. Ia baru saja menangani kasus dua pelajar yang dijatuhi hukuman penjara selama 7 tahun hanya karena meminum minuman keras.


TANGGAL 28 Mei memperingati hari apa? Ada Hari Amnesti Internasional. Foto: Amnesti Internasional concern terhadap masalah-masalah kemanusiaan.-Amnesty International-

Dari situlah, organisasi itu berkomitmen untuk membebaskan individu yang dipenjara secara tidak adil, menuntut penjahat, dan melawan segala bentuk kekerasan.

BACA JUGA:Mengulik Sejarah Hari Jamu Nasional 27 Mei, Asal-Usul, hingga Aneka Khasiat Minuman Tradisional

Sejak berdiri, Amnesty International telah memainkan peran penting dalam mengungkap kejahatan terkait hak asasi manusia dan mempengaruhi kebijakan pemerintah di seluruh dunia. Melalui upaya ini, organisasi ini menjadi entitas non-pemerintah yang berdedikasi untuk melindungi hak asasi manusia secara global.

Peringatan Hari Amnesti Internasional juga berfungsi sebagai pelindung hak-hak asasi manusia dari berbagai bentuk kejahatan. Dengan dukungan Amnesty International, anak-anak, orang tua, perempuan, dan laki-laki mendapatkan perlindungan dari pelanggaran hak asasi manusia.

Selain itu, peringatan hari ini berkontribusi dalam menciptakan dunia yang lebih aman, ketika korban pelanggaran hak asasi manusia dapat memperoleh keadilan melalui upaya yang gigih dari para pejuang hak asasi manusia.

BACA JUGA:25 Mei Waktunya Hari Tiroid Sedunia, Yuk Kenali Penyebab, Gejala, dan Cara Pengobatannya

Hari Kelaparan Sedunia


TANGGAL 28 Mei memperingati hari apa? Ada Hari Amnesti Internasional. Foto: Ilustrasi kelaparan di negara-negara dunia ketiga.-Bartosz Hardyniak-iStock via NDTV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber