Batuk Karena Asam Lambung: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Batuk Karena Asam Lambung: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Batuk karena asam lambung: penyebab, gejala dan cara mengatasinya. --Ilustrasi

HARIAN DISWAY - Batuk umumnya disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan seperti pilek atau flu. Tapi, ada juga Batuk yang dipicu oleh adanya asam lambung naik.

Penderita GERD (gastroesophageal reflux disease) atau asam lambung mungkin pernah mengalami hal tersebut. Namun, apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Batuk Karena Asam Lambung


Batuk karena asam lambung: penyebab, gejala dan cara mengatasinya. Foto: Penyebab batuk karena asam lambung. --Ilustrasi

Untuk penyebab dari kondisi medis tersebut masih belum diketahui secara pasti. Meski begitu, diperkirakan kenaikan tingkat keasaman lambung hingga ke esofagus menjadi biang keladi utamanya.

BACA JUGA: Jangan Remehkan Batuk dan Pilek Pada Anak, Bisa Jadi Tanda Awal TBC, Kenali Ciri dan Gejalanya

Fenomena tersebut mungkin memicu ketidaknyamanan serta peradangan yang meresahkan. Itulah sebabnya, sebagai respons alamiah, tubuh kita merespons dengan mengeluarkan batuk guna menjaga kesehatan saluran pernapasan dari refluks asam lambung.

Ada beberapa aspek juga yang memengaruhi kenaikan asam lambung yang kemudian memicu gejala batuk, seperti:

  1. Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.
  2. Kebiasaan merokok.
  3. Menyantap makanan yang memicu peningkatan asam lambung, seperti hidangan pedas dan gorengan.
  1. BACA JUGA:Mengatasi Batuk dan ISPA Akibat Polusi

Gejala Batuk Karena Asam Lambung Naik


Batuk karena asam lambung: penyebab, gejala dan cara mengatasinya. Foto: Gejala batuk karena asam lambung naik. --Ilustrasi

Berikut adalah beberapa gejala yang sering muncul saat batuk karena asam lambung. Gejala inilah yang menjadi pembeda dari batuk akibat masalah kesehatan lainnya.

  • Heartburn (sensasi panas atau terbakar di dada), mual, dan kembung perut.
  • Batuk yang lebih sering terjadi saat berbaring.
  • Kesulitan menelan makanan.
  • Nyeri di dada.
  • Bau mulut yang tidak sedap.
  • Suara serak.
  • Tidak disertai gejala asma atau alergi, seperti mengi, batuk berdahak, hidung tersumbat, mata berair, dan gatal-gatal pada kulit.

BACA JUGA: Inilah 5 Obat Asam Lambung Alami

Sebagai catatan, batuk yang berkepanjangan bisa dipicu oleh asam lambung. Namun, sebelumnya, disarankan untuk memeriksa kemungkinan penyebab lain seperti infeksi atau alergi.

Jika batuk tak kunjung mereda setelah tiga minggu meski sudah diberi pengobatan, langkah selanjutnya adalah pemeriksaan rontgen dada. Jika hasilnya tak mengindikasikan infeksi atau masalah pernapasan lainnya tapi batuk tetap berlanjut, kemungkinan besar asam lambung yang menjadi penyebabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: