Hari Lahir Pancasila 1 Juni: Sejarah, Tema, dan Logo Peringatan 2024

Hari Lahir Pancasila 1 Juni: Sejarah, Tema, dan Logo Peringatan 2024

Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024: sejarah, tema dan logo. --Ilustrasi: Reza Alfian Maulana-Harian Disway

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

BACA JUGA:Kirab Nata Jagad Peringati Hari Lahir Pancasila

Tema dan Logo Hari Lahir Pancasila 2024


Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024: sejarah, tema dan logo. Foto: Tema dan logo Harlah Pancasila 2024. --harlahpancasila.bpip.go.id

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 2 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, peringatan tahun ini akan mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024".

Tema tersebut menyoroti peran penting Pancasila dalam menyatukan seluruh rakyat Indonesia dengan segala keragamannya. Harapannya, persatuan ini akan menjadi landasan kuat untuk membawa Indonesia menuju 100 tahun yang penuh kemajuan, kemandirian, dan kedaulatan.

BACA JUGA:Memperingati Hari Lahir Pancasila, Berikut 5 Rekomendasi Film Bertemakan Pancasila

BACA JUGA:Mas'ud Said: Perlu Desain Baru Implementasi Pancasila

Untuk logo Hari Lahir Pancasila 2024 yang dibagikan juga dalam surat edaran BPIP menggambarkan semangat persatuan, gotong royong, dan kesetaraan.

Tahun ini kita memakai logo "Sandya Taru," atau Pohon Persatuan, yang diambil dari sila ketiga Pancasila dengan simbol pohon beringin.

Logo tersebut juga hadir sebagai simbol kehidupan, ketika Pancasila muncul sebagai kekuatan yang mengikat bangsa Indonesia. Nilai-nilainya terpatri dalam sanubari masyarakat, dan menyatukan keberagaman bangsa dengan kekuatan yang abadi.

Oleh karena itu, pancasila hadir dan terus menjaga serta membimbing masyarakat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, membentuk karakter budi pekerti luhur yang diwariskan dari generasi ke generasi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber