Surabaya Jazz Week, Ada Tampilan Musik Dangdut Berirama Jazz

Surabaya Jazz Week, Ada Tampilan Musik Dangdut Berirama Jazz

Surabaya Jazz Week, ada tampilan musik dangdut berirama jazz. The Skuy, band asal Sidoarjo dalam Surabaya Jazz Week, di Food Society Pakuwon Mall Surabaya, 31 Mei 2024.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Hari kelima Surabaya Jazz Week pada Jumat, 31 Juni 2024, yang digelar Surabaya Pahlawan Jazz (SPJ) berlangsung meriah. Dua band ditampilkan. Yakni Orange dan The Skuy.

Sesuai temanya, semua penampil membawakan lagu-lagu bergaya jazz. Mereka dibagi dalam dua sesi bergantian. Penampil pertama, Orange, membawakan lagu-lagu dangdut yang diaransemen dengan genre jazz.

Seperti Nemen, yang dipopulerkan oleh Denny Caknan. Berbagai irama dimainkan. Swing, bossanova, dan terkadang memunculkan ritme khas rock and roll.

BACA JUGA: Surabaya Jazz Week Hari Keempat, Dihadiri Pj Gubernur Jawa Timur


Surabaya Jazz Week, Ada Tampilan Musik Dangdut Berirama Jazz. Trio vokalis Orange band meramaikan Surabaya Jazz Week 2024.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Saat membawakan lagu Begadang karya Rhoma Irama, Orange mengeksplorasi berbagai teknik variasi ritme. Gaya bermusik khas jazz funk, yang memasukkan unsur soul, blues. Di tengah lagu, mereka menghentikan semua alat musik. Hanya tinggal perkusi dan vokal saja yang bermain.

Komposisi itu untuk memunculkan nuansa dangdut. Sedangkan pada penutup sesi, band tersebut membawakan lagu Rungkad, yang dipopulerkan Happy Asmara.

"Dalam ajang Surabaya Jazz Week ini kami ingin mengangkat dangdut sebagai musik yang paling banyak digemari di tanah air. Khususnya lagu-lagu ambyar, ya. Tapi genrenya kami ubah menjadi jazzy," ujar Samuel Danu, keyboardis Orange.

BACA JUGA:Hadir di Tanjung Perak Jazz 2023, Pangdam V Didapuk Jadi Pembina Surabaya Pahlawan Jazz

Sedangkan di sesi kedua, band tersebut membawakan lagu-lagu populer dari dalam dan luar negeri. Seperti Rek Ayo Rek, Billie Jean (Michael Jackson), Don't You Worry 'bout a Thing (Tori Kelly), Kisah Romantis (Glenn Fredly), dan lain-lain.

Surabaya Jazz Week, yang digelar sejak 27 Mei 2024, menghadirkan berbagai grup musik jazz yang ada di Surabaya. Grup-grup tersebut bergabung dengan SPJ, yang berada di bawah naungan Surabaya Entertainment Club, yang diinisiasi oleh anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia.


Surabaya Jazz Week, ada tampilan musik dangdut berirama jazz. The Skuy tampil membawakan lagu-lagu cover berirama ska-jazz.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Selain itu tampil pula pelukis muda yang masih aktif sebagai pelajar SMKN 12 Surabaya. Yakni Dimas Satria Ramadhan. Ia melukis di atas panggung dengan media kanvas. Diawali dengan menyaput warna kuning dipadu dengan cokelat sebagai latarnya, kemudian mulai melukis figur.

BACA JUGA:Semarak Halal Bihalal Seniman dan Musisi Anggota SEC dan SPJ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: