Prabowo Serukan Gencatan Senjata Permanen di Gaza: Kami Siap Kirim Pasukan Perdamaian

Prabowo Serukan Gencatan Senjata Permanen di Gaza: Kami Siap Kirim Pasukan Perdamaian

Dalam menghadapi polemik kebijakan Tapera, Presiden terpilih Prabowo Subianto telah angkat suara, menyatakan komitmennya untuk mencari solusi yang tepat. -Kementerian Pertahanan-

HARIAN DISWAY - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menegaskan komitmen Indonesia untuk menyuplai bantuan kemanusiaan ke wilayah Gaza

Calon Presiden RI periode 2024-2029 ini juga menyerukan gencatan senjata sebagai salah satu upaya penyelesaian konflik tersebut. Hal itu disampaikan Prabowo saat menjadi pembicara di acara IISS Shangri-La Dialogue ke-21 yang digelar di Singapura, Sabtu, 1 Juni 2024.

Dalam pidatonya, Prabowo turut menyorot usulan gencatan senjata yang baru-baru ini disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

“Meskipun kita harus mempelajari lebih lanjut perihal detail proposal (gencatan senjata) tersebut, kami melihat usulan tersebut sebagai langkah yang tepat dan penting untuk menuju ke arah yang benar,” kata Prabowo.

BACA JUGA:Prabowo Serukan Investigasi Mendalam Usut Tragedi Rafah

“Kami juga sangat senang bahwa perwakilan Hamas turut menyuarakan respons positif terharap proposal (gencatan senjata) tersebut,” imbuh dia.

Selain gencatan senjata, Prabowo menyebut bahwa banyak pihak yang mendorong agar terjadi solusi dua negara (two-state solution) sebagai langkah nyata lainnya untuk menciptakan perdamaian dan keamanan di Israel serta Palestina.

“Saya juga ingin menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus mendukung gencatan senjata yang komprehensif serta permanen, sebagai langkah penting untuk menuju perdamaian di antara Israel dan Palestina,” jelas Prabowo.

Menurut mantan Danjen Kopassus ini, telah menjadi sebuah keyakinan bagi Indonesia beserta banyak negara lainnya di dunia saat ini bahwa satu-satunya solusi nyata untuk menciptakan perdamaian dan keamanan di Israel serta Palestina adalah solusi dua negara. 

BACA JUGA:Bella dan Gigi Hadid Terus Suarakan Dukungan Untuk Palestina, Sumbang Rp 16 Miliar Untuk Bantuan Kemanusiaan

Seraya memperhatikan dinamika yang terus berkembang di Gaza hingga saat ini, Prabowo kembali menegaskan komitmen pemerintah Indonesia untuk terus berupaya menyediakan dan mengirimkan bantuan kemanusiaan, baik yang dibutuhkan di Gaza atau yang diminta oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Tidak hanya bantuan kemanusiaan, Prabowo bahkan siap jika diminta PBB untuk mengirim pasukan penjaga perdamaian untuk mempertahankan dan memantau implementasi perjanjian gencatan senjata serta menyediakan keamanan bagi semua pihak.

“Kamk juga siap untuk mengirim tenaga medis untuk mengoperasikan RS lapangan di Gaza tentu dengan persetujuan semua pihak,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: