Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Kenakan Pakaian Adat Melayu

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Kenakan Pakaian Adat Melayu

Kenakan Pakaian Khas Melayu Teluk Belange Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Pertamina Hulu Rokan -Dok. Setpres BPMI-

DUMAI, HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 yang diadakan di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Riau, pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Presiden Jokowi terlihat mengenakan pakaian adat khas Melayu Teluk Belange dengan paduan warna hitam dan kuning saat memimpin upacara yang dimulai pukul 07.15 WIB.

Setibanya di lokasi, Presiden Jokowi langsung menyapa dan bersalaman dengan para pejabat yang mengikuti upacara, di antaranya Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di blok migas terbesar di Indonesia ini juga dihadiri oleh sejumlah menteri, pimpinan lembaga, TNI, dan Polri. Bertindak sebagai komandan upacara adalah Kombespol Andri Ananta Yudistira, Direktur Reskrimum Polda Jambi.

BACA JUGA:Dialog Hari Pancasila, Cucu Presiden Soekarno Peringatkan Bahaya Amnesia Sejarah

BACA JUGA:5 Sikap Patriotisme yang Sesuai dengan Pancasila

Presiden Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang bangsa. Pembacaan teks Pancasila dilakukan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, sedangkan naskah pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.


Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 yang diadakan di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Riau, pada Sabtu, 1 Juni 2024.-Pertamina-

Menariknya, seluruh peserta upacara kali ini hadir dengan mengenakan pakaian adat khas dari berbagai daerah.

Para menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir dalam upacara di Lapangan Garuda Pertamina antara lain Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Hadir pula Kepala BIN Budi Gunawan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Ketua DPP PDI-P Ahmad Basarah, dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Upacara yang diikuti 1.045 peserta ini juga dihadiri oleh mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno yang mengikuti upacara secara online dengan tetap mengenakan pakaian adat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id