Konsorsium Gerbangtara: Kolaborasi Pemuda dan Kemenpora untuk IKN

Konsorsium Gerbangtara: Kolaborasi Pemuda dan Kemenpora untuk IKN

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memberikan dukungan terhadap terbentuknya Konsorsium Gerakan Bangun Nusantara (Gerbangtara).-IST-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memberikan dukungan terhadap terbentuknya Konsorsium Gerakan Bangun Nusantara (Gerbangtara).

Menurut Menpora Dito, Konsorsium Gerbangtara dapat menjadi wadah bagi ide-ide generasi muda dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menpora bertemu dan berdialog dengan Gerbangtara di Kantor Kemenpora pada Selasa, 4 Juni 2024. Pertemuan tersebut membahas mengenai peran pemuda dalam pembangunan IKN.

“Kemenpora siap mendukung Gerbangtara untuk memastikan pembangunan IKN sejalan dengan Indeks Pembangunan Pemuda,” kata Menpora Dito Ariotedjo. 


Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo saat menerima dan berdialog dengan Gerakan Bangun Nusantara (Gerbangtara) di Kantor Kemenpora, Selasa 4 Juni 2024.-ist-

Menurut Menpora, pembangunan IKN harus dilakukan melalui kolaborasi antargenerasi. Pemuda perlu aktif terlibat dalam pembangunan IKN dan mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Masa depan Nusantara harus diciptakan melalui kolaborasi antargenerasi dan antarsektor. Kami harus memastikan bahwa generasi muda menjadi penggerak pembangunan sumber daya manusia di IKN,” ujarnya.

BACA JUGA:Terbang Langsung ke IKN, Jokowi Tinjau Progres Pembangunan hingga Persiapan Hari Kemerdekaan di IKN

BACA JUGA:Bandara VVIP IKN Mulai Beroperasi Agustus 2024 Untuk Upacara Hari Kemerdekaan Pertama

“Saya berharap Konsorsium Gerbangtara dapat menjadi penyatuan setiap aspirasi dan potensi masyarakat untuk bersama-sama membangun Nusantara,” tambahnya.


Menhub Budi Karya Sumadi meninjau lokasi pembangunan bandara VVIP di IKN pada Senin, 3 Juni 2024-Kemenhub-

Seperti yang diketahui, Gerbangtara mengembangkan konsep pentahelix dalam memperkuat SDM masyarakat IKN. Konsep ini melibatkan kolaborasi antara lima sektor utama, yaitu akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media.

Sementara itu, Koordinator Konsorsium Gerbangtara, Aie Natasha, menyatakan bahwa pembangunan IKN bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Semua warga negara, terutama generasi muda, perlu ikut berperan.

“Kami membuka peluang kerja sama untuk memastikan bahwa setiap pihak dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan IKN. Saya percaya bahwa IKN bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab bersama dari seluruh elemen bangsa, baik dari sektor swasta maupun organisasi masyarakat sipil,” ujar Aie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: