Bandara VVIP IKN Mulai Beroperasi Agustus 2024 Untuk Upacara Hari Kemerdekaan Pertama

Bandara VVIP IKN Mulai Beroperasi Agustus 2024 Untuk Upacara Hari Kemerdekaan Pertama

Menhub Budi Karya Sumadi meninjau lokasi pembangunan bandara VVIP di IKN pada Senin, 3 Juni 2024-Kemenhub-

PENAJAM PASER UTARA, HARIAN DISWAY - Kementerian Perhubungan mengumumkan bahwa bandara untuk VVIP di Ibukota Nusantara (IKN) telah rampung dibangun dan akan beroperasi pada 1 Agustus 2024 mendatang. 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan pada lokasi Bandara VVIP IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Senin, 3 Juni 2024. 

Dalam kunjungannya, Menhub mengunjungi beberapa titik, seperti lokasi landas pacu dan gedung terminal. Menurutnya, progres pembangunan di dua lokasi ini dan sejumlah fasilitas lainnya secara garis besar sudah baik dan sesuai rencana.

“Untuk landas pacu dan gedung terminal, perubahannya signifikan dan terlihat jelas, jika dibandingkan saat saya terakhir kali ke sini pada akhir April lalu. Kemajuan ini tentu sangat menggembirakan,” ujar Budi.

BACA JUGA:Kereta Autonomous Rail Transit (ART) IKN Siap Diuji Coba Pada Agustus 2024

Menhub juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan para pekerja atas kerja kerasnya selama ini.

Ia pun berharap sinergi ini dapat mewujudkan komitmen bersama untuk menyelesaikan Bandara IKN pada tanggal 1 Agustus 2024.

“Insya Allah, Juli kita uji coba dan siap dioperasikan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus nanti,” kata pria berdarah Palembang, Sumatera Selatan ini. 

Lebih lanjut, Menhub juga berharap semoga cuaca di kawasan IKN selalu cerah dalam beberapa bulan ke depan. “Mudah-mudahan cuaca di sini senantiasa cerah, sehingga proyek pembangunan bandara bisa berjalan dengan lancar,” jelasnya.

BACA JUGA:Kepala Otorita IKN Mundur, Jokowi: Pembangunan IKN Akan Terus Berlanjut

Untuk diketahui, progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan minggu ke-25 telah mencakup beberapa aspek, antara lain pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP

Kemudian ada pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja di Terminal VIP, pekerjaan struktur atas lantai 1 sampai 4 Gedung Air Traffic Controller (ATC) pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional, pekerjaan minipile dan pipa plumbing di Gedung PK-PPK, serta pekerjaan struktur atas gedung substation.

Aspek lainnya, pekerjaan struktur atas gedung peribadatan, pekerjaan struktur lab karantina, pekerjaan minipile bangunan power house, pekerjaan cut and fill, galian U-ditch, geotextile, agregat di Jalan Akses Utama (uditch), Embung, dan Jalan Perimeter Barat; pekerjaan pondasi pancang Gedung Ruang Pompa dan GWT, serta STP, serta pekerjaan pondasi kawasan rumah dinas.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: