Perjalanan Toni Kroos: Pensiun dari Real Madrid, Comeback ke Timnas Jerman

Perjalanan Toni Kroos: Pensiun dari Real Madrid, Comeback ke Timnas Jerman

AKHIR sempurna Toni Kroos di Real Madrid: trofi Liga Champions kelima. Foto: Toni Kroos dan Luka Modric sama-sama mengumpulkan 6 trofi Liga Champions. -Real Madrid Extra-

Bersama adiknya, Felix Kroos, Toni Kroos diasah bakatnya di bawah bimbingan sang ayah di klub amatir Greifswalder SC. Bakatnya kemudian menarik perhatian tim pemandu bakat Hansa Rostock, dan pada usia 12 tahun, Toni Kroos resmi bergabung dengan akademi klub tersebut.

Dua tahun kemudian, Toni Kroos menembus skuad U-17 Hansa Rostock. Penampilan gemilangnya terus berkembang, hingga akhirnya pada 1 Juli 2006, ia resmi berseragam Bayern Munich dengan nilai transfer sekitar Rp 39,98 miliar.

Di Bayern Munich, Toni Kroos dijuluki "Jahrhundert Talent" ("bakat abad ini") oleh media Jerman. Ia langsung bermain di tim U-19 karena usianya yang masih 16 tahun. Setahun kemudian, ia mendapatkan debut Bundesliga di bawah asuhan Ottmar Hitzfeld saat berusia 17 tahun.

BACA JUGA:Madrid vs Betis 0-0: Los Blancos Gagal Menang di Laga Perpisahan Toni Kroos

BACA JUGA:Resmi! Toni Kroos Pensiun, The Sniper Janjikan Trofi Liga Champions ke-15 buat Real Madrid

Ketatnya persaingan di lini tengah Bayern Munich membuat Toni Kroos dipinjamkan ke Bayer Leverkusen pada Januari 2009. Di Bayer Leverkusen, ia bertemu dengan pelatih legendaris Jupp Heynckes. Di bawah tangan dingin Heynckes, bakat Toni Kroos semakin bersinar.

Musim 2009-2010 menjadi tonggak awal karir gemilang Toni Kroos. Ia mencatatkan lima gol, empat assist, dan penghargaan Pemain Terbaik Bulan di Bundesliga. Penampilannya yang gemilang di Bayer Leverkusen mengantarkannya ke skuad timnas Jerman untuk Piala Dunia FIFA 2010 di Afrika Selatan.

Setelah masa peminjamannya berakhir, Toni Kroos kembali ke Bayern Munich. Di bawah asuhan Jupp Heynckes, Toni Kroos menjadi bagian penting dari tim Bayern Munich yang meraih berbagai gelar, termasuk gelar Bundesliga, DFB Pokal, DFL Supercup, dan Liga Champions.

Musim 2013-2014 menjadi musim terakhir Toni Kroos di Bayern Munich. Ia meraih berbagai gelar, termasuk gelar Bundesliga, DFB Pokal, DFL Supercup, UEFA Super Cup, FIFA Club World Cup, dan gelar juara dunia bersama timnas Jerman.

Pada musim panas 2014, Toni Kroos pindah ke Real Madrid. Di Real Madrid, ia terus berkembang dan meraih berbagai gelar bergengsi, termasuk tiga gelar Liga Champions UEFA berturut-turut dan gelar La Liga.

Kini, di usia 34 tahun, Toni Kroos memutuskan untuk pensiun dari timnas Jerman setelah Euro 2024.Ia juga memutuskan pensiun di Los Blancos dengan happy ending: Juara Liga Champions dan LaLiga. (Bagus Aji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: