PLN Tuntaskan Penggantian Isolator Korosi, Pastikan Keamanan Listrik Jelang Idul Adha di Malang Raya

PLN Tuntaskan Penggantian Isolator Korosi, Pastikan Keamanan Listrik Jelang Idul Adha di Malang Raya

PLN Selesaikan Penggantian Isolator Korosi jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H-Media PLN UID Jawa Timur-

MALANG, HARIAN DISWAY - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) berkomitmen untuk menjaga keandalan sistem transmisi di wilayah Jawa Timur hingga Bali.

Hal tersebut dilakukan PLN untuk memastikan pasokan listrik aman bagi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha, 11 Juni 2024. 

Pemeliharaan infrastruktur dilakukan melalui assesmen rutin untuk memastikan kondisi material transmisi berfungsi optimal.

General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin, menjelaskan bahwa assesmen rutin dilakukan sebagai langkah preventif untuk menjaga keandalan kelistrikan.

BACA JUGA:PLN Gelar Simulasi Tanggap Darurat Penanganan Limbah B3: Komitmen Pelestarian Lingkungan


PLN ingin memastikan keandalan listrik di Malang menjelang Idul Adha dengan menyelesaikan penggantian isolator korosi -Media PLN UID Jawa Timur-

"UPT (Unit Pelaksana Transmisi) Malang menemukan anomali pada isolator suspension karena korosi di Gardu Induk (GI) 150kV Sekarputih. Isolator yang korosi ini berpotensi mengalami overheat dan terputus, sehingga dapat berdampak serius pada keandalan pasokan listrik," papar Amiruddin. 

"Oleh karena itu, dari assesmen rutin inilah kami dapat mengambil langkah cepat untuk melakukan penggantian," lanjutnya.

Kemudian, Amiruddin menambahkan bahwa pekerjaan penggantian isolator korosi dilakukan dalam keadaan sistem bertegangan.

"Sebanyak 10 keping isolator korosi diganti oleh tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) dalam kondisi sistem tetap online, sehingga tidak mengganggu aktivitas warga di akhir pekan. GI Sekarputih ini menyalurkan kebutuhan listrik pelanggan di wilayah Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, dan sebagian Kabupaten Sidoarjo," terangnya.

BACA JUGA:Jokowi Resmikan PLN Hub di IKN Nusantara, Jadi Pusat Kebijakan Transisi Energi Hijau

Lebih lanjut Amiruddin menyebut bahwa PLN terus memastikan keandalan sistem transmisi menjelang Idul Adha.

"Memastikan sistem transmisi tetap andal menjadi komitmen PLN, terutama dalam memenuhi kebutuhan pelanggan pada momen spesial seperti Hari Raya Idul Adha," papar Amiruddin tentang langkah persiapan PLN jelang Idul Adha.

"Langkah preventif terus dilakukan PLN dengan assesmen rutin setiap hari untuk memantau peralatan agar berfungsi optimal, sehingga kesiapan dari sisi internal peralatan transmisi aman," lanjut Amiruddin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: