Resep Warisan Nenek jadi Andalan Depot Surabaya

Resep Warisan Nenek jadi Andalan Depot Surabaya

Aktivitas di Depot Surabaya di Royal Plaza, Senin, 10 Januari 2024. Aneka makanan legendaris dijual di kedai tersebut.-Julian Romadhon-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Tempat makan legendaris di Surabaya hadir kembali. Yakni, Depot Surabaya. Lokasinya ada di lantai tiga studio food court, Royal Plaza, Surabaya. Tenannya berada di sisi timur mal.

Depot itu sebenarnya sudah ada di Kota Pahlawan sejak 1976. Ketika itu, dikelola oleh Niu Pik Gun. Tempat makan itu sempat tutup dalam waktu yang cukup lama. Sekarang, mereka kembali buka dengan kemasan yang lebih modern. Kekinian. Cucu Niu Pik Gun, Linda Purnomo Chandra, adalah penerus kedai tersebut.

Dia pun membawa menu yang sama yang pernah dijual neneknya kala itu. Misalnya: nasi goreng cumi hitam, nasi goreng Jawa, mi goreng Jawa, mi nyemek, mi kuah, bihun goreng Jawa, bihun nyemek, dan bihun kuah. Harganya cukup ramah di kantong. Kisarannya Rp 20 ribu-25 ribu per porsi.

BACA JUGA: Laporan Haji 2024 (6): Makanan Jamaah Menu Nusantara

“Rasanya masih sama seperti dulu. Ini sih resep warisan dari nenek. Gak saya kurang-kurangin. Dulu, warung makan milik nenek saya sangat terkenal. Waktu nenek saya masih muda, jualannya di sekitaran THR (Taman Hiburan Rakyat), di Jalan Kusuma Bangsa,” katanya kepada Harian Disway, Senin 10 Juni 2024.

Kali ini, Linda ingin mengajak masyarakat Surabaya mengingat kembali nasi goreng yang dijual di era keemasan Depot Surabaya. Dengan nasi goreng Jawa yang khas 70-an. Tidak ada yang dominan di nasi tersebut. Tidak pedas. Tidak manis. Tidak juga asin. Semua serba pas.


Nasi goreng Jawa yang menjadi salah satu menu spesial di Depot Surabaya-Julian Romadhon-

Ada taburan irisan daging ayam di atas nasi goreng itu. Di sampingnya, diletakkan juga irisan telur rebus. Tentu dengan campuran kecambah dan mie goreng di nasinya, menambah nikmatnya nasi goreng tersebut.

Selain resep warisan, dia juga menjual makanan lain. Sebut saja, nasi ayam lada hitam, nasi ayam saus keju, nasi ayam goyang, nasi ayam salted egg, dan nasi ayam mozarella. Ada juga menu yang lagi viral di Jakarta: Gohyong Ayam Udang. Bentuknya bulat. Kombinasi rasa udang dan ayam sangat nikmat di lidah.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Makanan dari Susu Kedelai yang Sehat

“Gohyong ini memang terdengar baru di Surabaya. Belum banyak yang jual. Tetapi, ini menunya sangat viral di Jakarta. Karena ini baru, saya rasa ini bisa diterima masyarakat di Surabaya. Karena ini sangat baru di lidah masyarakat sini,” ungkapnya.


Gohyong Ayam Udang adalah menu yang lagi viral-Julian Romadhon-

Selain makanan berat, Depot Surabaya juga menjual berbagai jajanan. Seperti bakwan goreng, tahu petis, dan mix snack. Ada juga minuman Thai tea, green tea, wintermelon tea, dan jeruk peras.

Ini adalah hari pertama depot itu buka. Mereka memberikan banyak promo untuk masyarakat Surabaya. Di antaranya, beli satu menu tambah Rp 3 ribu Anda sudah bisa mendapat es teh. Ada juga promo couple: dua menu nasi, dua es teh ditambah tahu petis hanya Rp 53 ribu dari harga normal Rp 65 ribu. Menu family: empat nasi, empat es teh dan dapat snack, hanya Rp 98 ribu dari harga normal Rp 112 ribu.

“Sangat murah. Promo ini kami berikan sampai akhir bulan Juni 2024. Promo opening,” ungkapnya. Saat ini, semua bumbu dalam menu tersebut dibuat sendiri oleh Linda. Bahkan, dia pun memasak sendiri. “Saya tidak mau rasanya berubah,” tegasnya. (Michael Fredy Yacob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: