PLN Jatim Jalin Kerjasama dengan Untag Surabaya Percepat Transisi Energi Menuju NZE 2060

PLN Jatim Jalin Kerjasama dengan Untag Surabaya Percepat Transisi Energi Menuju NZE 2060

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Agus Kuswardoyo saat menghadiri kuliah tamu di Univesitas 17 Agustus, Surabaya membahas tentang upaya menapai transisi energi-Media PLN UID Jawa Timur-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menunjukkan komitmennya dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.

Hal itu disampaikan oleh General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, dalam Kuliah Tamu bertema "Technopreneur dan Pengembangan Sistem Kelistrikan" di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Dalam penjelasannya, Agus Kuswardoyo menjelaskan strategi PLN untuk mencapai NZE 2060. Rencana jangka pendek dan jangka panjang.

PLN akan menyusun Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) yang ramah lingkungan, melakukan dekarbonisasi pembangkit listrik berbahan bakar fosil, dan mengembangkan energi baru terbarukan (EBT).

BACA JUGA:PLN Gelar Pelatihan Bank Sampah di Surabaya, Jadi Program Tanggung Jawab Sosial Pelestarian Lingkungan


PLN UID Jawa Timur menggelar kuliah tamu di Universitas 17 Agustus, Surabaya, 11 Juni 2024-Media PLN UID Jawa Timur-

Keseimbangan antara keandalan, keterjangkauan, dan keberlanjutan. Lalu, PLN tidak hanya fokus pada keandalan pasokan listrik, tetapi juga memastikan keterjangkauan harga dan keberlanjutan lingkungan.

PLN juga akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menjalin kerjasama dengan pemerintah, akademisi, dan masyarakat untuk mempercepat transisi energi.

Agus mencontohkan beberapa upaya PLN dalam mencapai NZE 2060, seperti:

BACA JUGA:PT PLN Gandeng Pemkab Trenggalek Untuk Perluasan Adopsi Energi Terbarukan

- Membangun pembangkit EBT: PLN membangun pembangkit EBT di berbagai wilayah di Jawa Timur, termasuk pembangkit listrik tenaga minihidro, air, sampah, dan tenaga surya.

- Menambahkan kapasitas pembangkit listrik tenaga surya: PLN akan terus menambah kapasitas pembangkit listrik tenaga surya hingga tahun 2027.

- Melakukan dedieselisasi: PLN akan mengganti pembangkit listrik berbahan bakar fosil dengan EBT.

- Membangun infrastruktur pendukung kendaraan listrik: PLN menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPLU) di berbagai lokasi di Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: