5 Tips Membuat Selai Srikaya Simpel Tanpa Telur

5 Tips Membuat Selai Srikaya Simpel Tanpa Telur

Selai Srikaya. Bisa dibuat di rumah dengan bahan sederhana.--

HARIAN DISWAY - Selai srikaya adalah salah satu pilihan sarapan favorit yang nikmat disajikan dengan roti atau makanan ringan lainnya. Biasanya, Selai srikaya dibuat dengan telur untuk mendapatkan tekstur yang kaya dan kental. Namun, bagi mereka yang mencari alternatif tanpa telur, baik karena alasan alergi atau preferensi diet, berikut adalah lima tips untuk membuat Selai srikaya yang simpel dan lezat tanpa menggunakan telur.

1. Pilih Bahan Dasar Berkualitas

Kualitas bahan dasar sangat mempengaruhi hasil akhir selai srikaya Anda. Untuk membuat selai srikaya tanpa telur, Anda tetap memerlukan bahan-bahan utama seperti santan, gula, dan daun pandan. Pastikan Anda menggunakan santan kental yang segar, karena santan merupakan komponen utama yang akan memberikan kekayaan rasa dan tekstur pada selai. Gunakan gula pasir yang bersih dan daun pandan yang segar untuk aroma yang khas.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

- 500 ml santan kental

- 200 gram gula pasir

- 4-5 helai daun pandan

- 1 sendok teh garam


Bahan pilihan menjadi penentu kualitas selai srikaya yang kita buat.--

2. Gunakan Tepung Maizena Sebagai Pengental

Telur biasanya berfungsi sebagai bahan pengental dalam resep selai srikaya tradisional. Namun, untuk versi tanpa telur, Anda bisa menggunakan tepung maizena sebagai alternatif. Tepung maizena tidak hanya akan membantu mencapai tekstur yang kental tetapi juga memberikan tampilan yang halus pada selai Anda.

Cara menggunakan tepung maizena:

- Larutkan 2-3 sendok makan tepung maizena dalam sedikit air hingga larut sempurna.

- Tambahkan larutan tepung maizena ke dalam santan yang sudah dicampur dengan gula dan daun pandan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: