Menlu AS Mampir Ke KTT Gaza di Amman, Yordania, Berbincang Dengan Prabowo Tentang Gencatan Senjata di Gaza

Menlu AS Mampir Ke KTT Gaza di Amman, Yordania, Berbincang Dengan Prabowo Tentang Gencatan Senjata di Gaza

Prabowo saat berbincang dengan Menlu AS Antony Blinken di Amman, Yordania pada Selasa, 11 Juni 2024-Kemhan RI-

HARIAN DISWAY — Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony John Blinken, di Amman, Yordania pada Selasa, 11 Juni 2024. 

Pertemuan keduanya itu dilakukan setelah Prabowo menjadi pembicara di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tanggap darurat Gaza ‘Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza'.

Konferensi tersebut dihadiri oleh tiga negara, yakni Mesir, Indonesia, Yordania, dan PBB. Namun Antony Blinken tampak berkunjung pada hari pertama pertemuan. 

Orang nomor 3 di kabinet Presiden Joe Biden ini memang rajin wira-wiri mengunjung negara-negara Timur Tengah dalam misi diplomatiknya untuk mengatasi dampak konflik yang ditimbulkan oleh perang Israel-Hamas. 

BACA JUGA:Jokowi Setuju Kirim Pasukan dan Bantuan Medis ke Gaza, Minta Prabowo Koordinasi Dengan UEA

Dalam hal ini, Indonesia menyambut baik diadopsinya Resolusi DK PBB 2735 yang diusulkan Presiden AS Joe Biden dengan proposal tiga fase untuk gencatan senjata permanen di Gaza. Indonesia juga turut mengapresiasi upaya mediasi yang dilakukan Amerika Serikat, Mesir, dan Qatar.

“Indonesia siap bekerja sama dengan Amerika, Mesir, dan Qatar untuk memastikan perundingan tetap berjalan serta mewujudkan gencatan senjata permanen dan perdamaian yang adil dan abadi di Palestina. Gencatan senjata yang segera, penuh, dan menyeluruh sangat penting untuk menghidupkan kembali proses perdamaian," kata Prabowo.  

BACA JUGA:Prabowo Paparkan 4 Komitmen Bantuan Untuk Gaza: Siap Evakuasi 1000 Pasien ke Indonesia

Di kesempatan yang sama, Prabowo kembali menyuarakan urgensi dukungan secara Internasional sangat diperlukan untuk negara Palestina.

Hal itu guna mewujudkan status kenegaraan dan pembangunan bangsanya, termasuk memperkuat pemerintahannya, memberikan bantuan untuk pemulihan, dan menuju keanggotaannya di PBB.

Blinken pada pertemuan bilateral dengan Prabowo juga mengungkapkan rasa terima kasih berkat dukungan Indonesia akan proposal gencatan senjata.

BACA JUGA:Bicara di KTT untuk Gaza, Prabowo Sindir Negara-Negara Maju Tapi Melanggar Hukum Humaniter Internasional

“Terima kasih kepada Menteri Pertahanan atas dukungan Indonesia terhadap usulan untuk segera mencapai gencatan senjata di Gaza dan menjamin pembebasan semua sandera," ujar Anthony ke Prabowo.

Di akhir pertemuan, Anthony kembali mengucapkan selamat kepada Prabowo atas kemenangan yang diraih sebagai Presiden RI terpilih dalam Pemilu 2024-2029. Serta, ia menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat untuk melaksanakan Kemitraan Strategis Komprehensif AS-Indonesia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: