Jokowi Setuju Kirim Pasukan dan Bantuan Medis ke Gaza, Minta Prabowo Koordinasi Dengan UEA

Jokowi Setuju Kirim Pasukan dan Bantuan Medis ke Gaza, Minta Prabowo Koordinasi Dengan UEA

Menhan RI Prabowo Subianto mengatakan Jokowi setuju untuk mengirim bantuan personel dan medis ke Gaza. Minta Prabowo koordinasi dengan UAE-Setpres-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut mendukung usulan-usulan Menhan Prabowo Subianto tentang Gaza yang disampaikannya pada IISS Shangri-La Dialogue 2024 yang digelar di Singapura pada 31 Mei hingga 2 Juni lalu. 

Dalam forum tersebut, Prabowo menyampaikan pidato untuk mendorong investigasi terhadap tragedi pengeboman kamp pangungsi Rafah di Gaza Selatan oleh pasukan Israel. 

Prabowo juga menyebut Indonesia siap mengirimkan pasukan perdamaian dibawah komando PBB, mengirimkan personel dan bantuan medis, serta memulai kembali operasional rumah sakit Indonesia di Gaza. 

BACA JUGA:Jokowi Utus Prabowo Hadiri Konferensi Tingkat Tinggi Tentang Gaza di Yordania

Selepas melaporkan hasil pertemuan Shangri-La ke Jokowi di Istana negara Kamis, 6 Juni 2024, Prabowo menyebut bahwa Presiden mendukung rencana untuk mengirimkan personel dan bantuan ke Gaza.  


Prabowo berdialog dengan Menlu AS Llyod Austin di sela-sela IISS Shangri-La Dialogue 2024, Sabtu, 1 Juni 2024-Kemhan RI-

Jokowi bahkan memberikan instruksi langsung kepadanya untuk bekerjasama dengan Uni Emirat Arab (UEA) terkait pengoperasian rumah sakit (RS) lapangan di Gaza. 

BACA JUGA:Prabowo Serukan Gencatan Senjata Permanen di Gaza: Kami Siap Kirim Pasukan Perdamaian

"Tadi saya bertemu Presiden, melaporkan beberapa hal termasuk masalah di Gaza dan presiden sangat mendukung, memberi instruksi kepada saya bahwa kita siap mengirim rumah sakit," kata Prabowo. 

Prabowo mengatakan selain rumah sakit, presiden juga menyetujui untuk mengirim tenaga kesehatan ke dalam Gaza, nantinya akan bekerja sama dengan beberapa negara mitra.

"Terutama negara-negara timur tengah yang juga sudah mengoperasikan rumah sakit di situ yaitu Uni Emirat Arab (UEA), nanti saat hadir KTT di Yordania saya berusaha mampir dulu di UAE untuk bahas ini," kata Prabowo.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: