5 Manfaat VCO untuk Rambut serta Cara Tepat Penggunaannya

5 Manfaat VCO untuk Rambut serta Cara Tepat Penggunaannya

Cara menggunakan virgin coconut oli yang biasa disingkat VCO pada rambut. --ilustrasi

HARIAN DISWAY - Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO), merupakan bahan alami dengan berbagai manfaat untuk kesehatan rambut. Beberapa manfaat utamanya bisa menghilangkan ketombe, mengembalikan kilau rambut dan melindungi rambut dari kerusakan.

Di dunia kecantikan, VCO tidak asing sebagai bahan yang kaya akan manfaat baik untuk kulit maupun rambut. Sebagian besar jenis rambut dapat diuntungkan dari penggunaan minyak kelapa murni ini sebagai perawatan rambut. Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa ini dapat meningkatkan kesehatan rambut secara signifikan.

Jika Anda sering menggunakan alat panas seperti pengering rambut, alat pengeriting, atau catokan, menyisir rambut dengan kasar, atau sering terpapar sinar matahari, kemungkinan besar rambut Anda akan mengalami kerusakan.

BACA JUGA: Mengenal VCO serta Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Oleh karena itu, merawat rambut secara rutin dengan VCO atau masker berbahan dasar VCO dapat membantu mengatasi kerusakan rambut yang Anda alami. Perawatan ini dapat menambah kelembaban yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut Anda.

VCO sering dijadikan bahan dasar dalam pembuatan sampo, kondisioner, dan produk perawatan rambut lainnya. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan minyak kelapa murni secara langsung untuk perawatan alami.

Sebelum mengaplikasikannya ke rambut, Anda perlu memahami terlebih dahulu beberapa manfaat dari VCO berikut ini.

BACA JUGA: Konsumsi Minyak Zaitun Tiap Hari Bisa Cegah Pikun

1. Melembabkan Rambut

Asam laurat dalam minyak kelapa berperan sebagai pelembab alami. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan minyak kelapa sebelum keramas bisa membuat rambut lebih lembut, sehat, dan berkilau. Pastikan memilih minyak kelapa alami tanpa bahan kimia untuk hasil terbaik.

2. Memperbaiki Rambut Rusak

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang efektif mencegah kehilangan protein pada rambut. Asam laurat juga memudahkan penyerapan minyak kelapa ke dalam batang rambut, sehingga dapat memperbaiki kerusakan. Gunakan minyak kelapa sebelum atau setelah keramas untuk mengatasi rambut rusak.

3. Mencegah Kerontokan

Penataan rambut yang berlebihan dapat merusak batang rambut dan menyebabkan kerontokan. Minyak kelapa bisa digunakan untuk mencegah dan mengatasi kerontokan yang disebabkan oleh penataan rambut yang berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: