5 Manfaat VCO untuk Rambut serta Cara Tepat Penggunaannya

5 Manfaat VCO untuk Rambut serta Cara Tepat Penggunaannya

Cara menggunakan virgin coconut oli yang biasa disingkat VCO pada rambut. --ilustrasi

BACA JUGA:Alami Rambut Rontok Setelah Melahirkan? Belajarlah dari Cara Ilmuwan Skincare Ini

4. Mengatasi Ketombe

Ketombe sering disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit kepala. Minyak kelapa memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi ketombe akibat infeksi ini. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi efektivitasnya dalam mengatasi ketombe.

5. Mencegah Kutu Rambut

Kutu rambut bisa menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman. Campuran minyak kelapa dan adas manis diketahui 40 persen lebih efektif dalam mengobati kutu rambut dibandingkan bahan kimia permethrin. Gunakan campuran ini untuk membasmi dan mencegah kutu rambut datang kembali.

Selain manfaat-manfaat tersebut, VCO juga bisa melindungi rambut dari paparan sinar UV, meredakan iritasi kulit kepala, serta mengatasi kulit kepala yang gatal dan mengelupas.

BACA JUGA: 5 Bahan Alami yang Membuat Rambut Lebih Sehat dan Cantik

Cara Menggunakan VCO pada Rambut


Cara menggunakan VCO pada rambut. --ilustrasi

Setelah mengetahui manfaat dari minyak kelapa murni ini, Anda dapat mengikuti tiga metode penggunaannya sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

1. Perawatan Rambut Kusut

Jika Anda memiliki rambut yang sulit diatur atau kusut, minyak kelapa bisa menjadi solusi. Oleskan beberapa tetes minyak kelapa pada rambut yang masih basah. Biarkan minyak kelapa meresap ke setiap helai rambut Anda, kemudian tata rambut seperti biasa.

2. Masker Rambut

Menggunakan minyak kelapa sebagai masker rambut sangat sederhana. Anda hanya perlu memijat kulit kepala dengan dua sendok teh minyak kelapa. Pastikan minyak merata dari akar hingga ujung rambut, Anda bisa menggunakan sisir untuk membantu meratakannya.

Setelah itu, kuncir atau gulung rambut, dan bungkus dengan penutup kepala. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman, terutama jika rambut Anda kering dan rusak. Setelah itu, keramas seperti biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: