Eh Ternyata Minum Teh Dicampur Susu Tak Baik untuk Kesehatan

Eh Ternyata Minum Teh Dicampur Susu Tak Baik untuk Kesehatan

Waspada! Minum teh dicampur susu tak baik untuk kesehatan. Foto: Susu yang sedang dituangi teh. --Pinterest

BACA JUGA: Hati-Hati, Anak Bisa Kena Diabetes Karena Minum Susu Jenis Ini

Mencampurkan susu dan teh akan menyebabkan zat tanin bergabung dengan senyawa yang ditemukan dalam susu sehingga timbulah mual dan sakit perut. Zat tanin ini mempunyai sifat astringen yang dapat mengiritasi lapisan pencernaan. 

3. Defisiensi Nutrisi 

Mencampurkan susu dalam teh dapat menyebabkan efek samping lain yaitu kekurangan nutrisi. Teh murni memiliki sifat anti-inflamasi, zat pemurni darah, dan elemen yang membantu tubuh Anda menjadi rileks.

Namun, menambahkan susu didalamnya akan memodifikasi aktivitas biologis bahan teh dan membunuh efek positifnya, sehingga tubuh menjadi kekurangan nutrisi. 

BACA JUGA: Mengenal Tradisi Bertani dan Minum Teh di Yunnan, Tiongkok

4. Timbul jerawat 

Ketika teh susu dikonsumsi secara berlebihan akan menghasilkan panas di dalam saluran pencernaan dan menciptakan ketidakseimbangan zat kimia. Dalam proses inilah yang akan memicu timbul jerawat yang berlebihan. 
Ketika teh susu dikonsumsi secara berlebihan akan menghasilkan panas di dalam saluran pencernaan dan menciptakan ketidakseimbangan zat kimia. Dalam proses inilah yang akan memicu timbul jerawat yang berlebihan. --iStockphoto

Setelah mengetahui dampak dari sering meminum teh dicampur susu, apakah Anda akan tetap mengonsumsinya? Mungkin jika dalam batasan normal mengonsumsi teh dicampur susu tidak masalah.  

Namun tidak disarankan meminum campuran teh dan susu di pagi hari karena dapat menggangu aktivitas metabolisme, mengikis kesehatan mulut, menyebabkan kembung, dan membuat tubuh dehidrasi. (*)

Artikel ini ditulis oleh Anik Zulfia, mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Regular di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: