Eh Ternyata Minum Teh Dicampur Susu Tak Baik untuk Kesehatan

Eh Ternyata Minum Teh Dicampur Susu Tak Baik untuk Kesehatan

Waspada! Minum teh dicampur susu tak baik untuk kesehatan. Foto: Susu yang sedang dituangi teh. --Pinterest

HARIAN DISWAY - Minuman teh yang dicampur dengan susu memiliki citra rasa yang enak dan unik. Banyak sekali dari kalangan milenial selalu memesan ini di saat mereka berkumpul bersama. Namun, apakah kalian tahu minuman ini berbahaya untuk tubuh? 

Menurut Kementerian Kesehatan teh memang memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu melawan radikal bebas, membantu menurunkan berat badan, membuat kulit lebih sehat, menurunkan risiko penyakit alzheimer.

Selain itu teh juga bisa menurunkan kadar kolestrol, meningkatkan kesehatan jantung, membuat gigi lebih kuat, memperbaiki kualitas tidur, memiliki kandungan antioksidan tinggi untuk membantu pencegahan kanker, dan meningkatkan metabolisme tidur.

BACA JUGA: Ambil Potensi Alam Desa Kebontungul, UBAYA dan UKMWS Bikin Kukis dan Teh dari Daun Jati

Sedangkan susu mengandung kalsium, protein hewani yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan intelektual. Kandungan vitamin B12, asam lemak B6, dan B9 penting untuk kinerja saraf di otak seingga bisa berfungsi secara maksimal.

Namun jika meminum teh dicampur dengan susu akan dapat menggangu sistem antioksidan catechin dan epicatechin yang ada di dalam teh.

Sehingga minuman ini akan menjadi sumber peradangan dan keasaman. Tak sedikit orang justru menyukai teh susu karena rasa manis dan after taste pahitnya yang membuat ketagihan.

BACA JUGA: Jangan Buang Biji Alpukat! Diolah Menjadi Teh Manfaatnya Luar Biasa!

Dampak Minum Teh Susu Secara Berlebihan 

1. Insomnia  

Mengonsumsi teh secara berlebihan bisa menyebabkan gangungan tidur atau insomnia karena teh mengandung kafein sama seperti cokelat dan kopi. Kafein pada teh ini juga bisa menyebabkan orang menjadi gelisah dan cemas sampai stres.
Mengonsumsi teh secara berlebihan bisa menyebabkan gangungan tidur atau insomnia karena teh mengandung kafein sama seperti cokelat dan kopi. --iStockphoto

Apalagi tambahan susu dalam teh tersebut jika dikonsumsi secara berlebih akan dapat memicu kenaikan berat badan, meningkatkan darah, dan berisiko terkena penyakit diabetes. 

2. Kembung dan Mual 

Kafein dalam teh selain menyebabkan insomnia juga menjadi masalah pencernaan jika dikonsumsi secara terus-menerus. Zat ini menyebabkan lambung menjadi bergas dan kembung sehingga menyebabkan mual-mual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: