Jangan Buang Biji Alpukat! Diolah Menjadi Teh Manfaatnya Luar Biasa!

Jangan Buang Biji Alpukat! Diolah Menjadi Teh Manfaatnya Luar Biasa!

teh biji alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan-hasil editan-pinterest

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Alpukat merupakan salah satu jenis buah dengan segudang manfaat. Buah eksotis itu kaya  akan nutrisi dan memiliki lemak nabati yang sehat. Alpukat juga  mengandung mineral, protein, serat, dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Banyak sekali vitamin yang dikandung pada buah berwarna hijau ini antara lain; vitamin E untuk merawat kulit, vitamin B5 untuk menurunkan rasa setres, vitamin K untuk mencegah osteoporosis, dan vitamin B6 untuk mengurangi diabetes.

Alpukat juga sangat digemari oleh banyak orang untuk dijadikan banyak kreasi makanan, salah satunya dibuat menjadi jus yang diberi susu sehingga lezat ketika diminum.

Lalu dibuat olahan minuman es alpukat kocok yang rasanya juga sedap. Adapula yang dibuat bubur yang dicampur dengan ketan putih dan diberi santan yang akan menambah kegurihan pada makanan ini ketika disantap.

BACA JUGA:Ini 10 Busana Aktris Terbaik di British Academy Film Awards 2023

BACA JUGA:Ingat! Penjualan Tiket Mudik KAI Sudah Dibuka 26 Februari 2023, Kapan Lebaran?

Namun, buah alpukat bisa saja Anda santap tanpa menggunakan campuran apa-apa dan rasanya akan sangat khas dengan rasa gurih.

Kebanyakan orang lupa dengan biji alpukat. Dibuang begitu saja. Padahal biji alpukat punya banyak manfaat loh! Dan tidak kalah manfaat dari daging buahnya.

Apa itu? Biji alpukat rupanya bisa diolah menjadi seduhan teh herbal.

Minuman teh tidak melulu terbuat dari daun teh pegunungan, namun biji alpukat bisa Anda masak menjadi teh herbal. Salah satu khasiatnya: mengurangi kolestrol.

Akin TikTok @hudayanisonjaya membeberkan manfaatnya:  sumber antioksidan, memperbaiki pencernaan, dan mengurangi peradangan.


Buah alpukat-Pixabay -Pixabay.com

Cara pembuatannya pun cukup mudah :

  • Biji alpukat diparut hingga halus, sebenarnya tidak perlu sampai halus namun teksturnya harus sampai kecil-kecil
  • Setelah diparut lalu tuang air panas untuk melarutkan si biji alpukat yang sudah diparut. Proses dilarutkannya biji alpukat dengan air panas ini akan memunculkan warna seperti teh pada umumnya.
  • Kalau sudah, baru lah disaring untuk diambil airnya dan jangan sampai ada parutan biji alpukat yang tertinggal.
  • Tuangkan teh biji alpukat selagi hangat untuk diminum, bisa ditambahkan perasan lemon untuk menambah kesegaran atau ditambahkan madu asli agar lebih nikmat saat disantap.

BACA JUGA:Welcome Back: Kate Middleton dan Prince William Kembali ke BAFTA 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: