4 Aturan Baru yang Berlaku di Euro 2024, VAR Jerman vs Skotlandia Dijelaskan di Layar

4 Aturan Baru yang Berlaku di Euro 2024, VAR Jerman vs Skotlandia Dijelaskan di Layar

4 ATURAN baru yang berlaku di Euro 2024.-Getty Images via AFP-

Nah, di Euro 2024 ini, bukan hanya penjelasan VAR yang diperkenalkan. UEFA menerapkan beberapa aturan baru yang berbeda dengan Piala Dunia 2022. Berikut di antaranya.

1. Injury Time Pendek


4 ATURAN baru yang berlaku di Euro 2024, VAR Jerman vs Skotlandia dijelaskan di layar. Foto: Kai Havertz mencetak gol penalti di injury time babak pertama. -Fabrice Coffrini-AFP

Anda perhatikan laga antara Jerman vs Skotlandia berjalan cukup compact? Tidak ada tambahan waktu 9 menit, 10 menit, bahkan 12 menit seperti di Piala Dunia 2022.

Dalam laga dini hari tadi, tambahan waktu babak pertama hanya 1 menit. Sedangkan babak kedua 3 menit.

Ya, penyelenggara Panitia Euro 2024 sudah menegaskan bahwa mereka tidak akan menerapkan aturan waktu tambahan yang sama seperti yang berlaku di Piala Dunia 2022.

BACA JUGA:Jadwal Lengkap Euro 2024: Jerman Hadapi Skotlandia di Laga Pembuka 15 Juni 2024

Dalam pertandingan dua tahun lalu, wasit diinstruksikan untuk menambahkan waktu tepat pada menit-menit yang hilang dalam satu babak. Mulai dari selebrasi gol, pergantian pemain, hingga penanganan cedera. Yang mengakibatkan laga rata-rata berlangsung lebih dari 100 menit.

UEFA menggunakan pendekatan yang digunakan pada pertandingan Liga Champions musim lalu. Fokus wasit adalah mempercepat laga agar kembali berjalan. Daripada menambah durasi injury time.

2. Hanya kapten yang bisa berbicara dengan wasit


4 ATURAN baru yang berlaku di Euro 2024, VAR Jerman vs Skotlandia dijelaskan di layar. Foto: Ilkay Gundogan (kanan) dan kapten Skotlandia Andrew Robertson berdiskusi dengan wasit Clement Turpin.-Fabrice Coffrini-AFP

UEFA menetapkan bahwa hanya kapten yang bisa berbicara pada wasit di lapangan. Jika kaptennya adalah penjaga gawang (dan posisinya jauh dari wasit), maka tim boleh menunjuk salah seorang personel outfield (boleh pemain atau ofisial) untuk mewakilinya.

Pemain lain harus menjaga jarak dengan wasit. Mereka akan mendapat kartu kuning jika mereka mengelilingi sang pengadil saat memprotes keputusan mereka.

BACA JUGA:Cetak Brace di Laga Portugal vs Irlandia, Cristiano Ronaldo Masih Jadi Ancaman di Euro 2024

BACA JUGA:Frenkie de Jong Lewatkan Euro 2024, Gara-gara..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: uefa